Orientasi Blogger Pemula

July 29, 2015 /
Blog..

Banyak hal yang gue dapet dari blog, dan ya.. masih.. ujung-ujungnya money oriented! haha

Tapi bukan itu yang mau gue bahas.
Rasanya terlalu pribadi dan terkesan serius kalo udah berurusan sama yang namanya uang, dan penghasilan.

Lagian, uang merupakan hal yang terlalu sensitif bagi sebagian blogger, dan tak jarang dikonotasikan negatif oleh mereka yang skeptis meski cara yang ditempuhnya itu positif. Esensi!

Gak ngerti kan lo? gue ngomong apa? hahaha sama gue juga!

Meski pengalaman gue dalam dunia blogging barulah seumuran jagung atau sebutlah gue ini anak baru lahir kemaren sore yang baru ngerti blog.

Tapi, gue bakalan coba sampai sejauh mana nalar gue meraba permasalahan blogger dan orientasinya selama ini..


Tujuan Ngeblog


Blogger Be Like
Blogger be like - Image Designed by Freepik

Jika ditanya, apa tujuan lo ngeblog..

Sebagian besar akan menjawab, "belajar dan berbagi ilmu."

Ada pula yang menjawab, "membagikan ilmu yang bermanfaat."
 
Dan sejumlah tujuan ngeblog lainnya yang positif.

Tapi ada fakta lucu dibalik jawaban tersebut, yaitu antara "belajar" dan "berbagi ilmu", jika dilihat dari sisi dimana gue bersikap skeptis terhadap jawaban tersebut.

Maka blogger biasanya akan "belajar" dari blogger lain yang udah berpengalaman, kemudian menuliskan kembali, dan jadilah apa itu yang disebut dengan "berbagi ilmu". Cenderung ke "meniru" orang lain.

Meniru sebenarnya bukanlah aksi kriminal dan tindakan yang salah. Kecuali meniru tindakan atau aksi yang jelas-jelas dilarang oleh hukum yang berlaku.

Tapi akan ada suatu masa dimana si peniru akan kehilangan jati diri dan obsesinya sendiri. Lama-lama gak ada gairah dan passion sama sekali gara-gara kebanyakan mengimitasi orang lain. Sampai-sampai dia lupa untuk memuaskan dan menyenangkan dirinya sendiri.

Tak jurang pula ada yang dengan terang-terangan melakukan aksi copy-paste karya dan tulisan orang lain.

Ah soal ini mah, suka-suka lo dah nanggepinnya gimana.

Gak bakalan ada ujungnya selama orientasinya "uang", selalu ada pembenarannya. Beda cerita kalo orientasinya "ilmu dan pengetahuan", jelas salah!

So.. semuanya tergantung persepsi masing-masing.
Gue sih cari aman dan kesenangan aja ~ haha.

Tapi kalo sampe lo pada berdebat dan berantem gara-gara hal ini, keluarlah sebagai pemenangnya bray!


Selera dan Rasa (Tanpa Raisa)


Asik nih bahasa ~ haha

Rasa dan selera dalam dunia blogging yang gue maksud disini adalah desain dan tampilan blog.

Banyak blogger yang total banget dan seolah-olah berlomba dalam hal mendesain, dan merpeganteng tampilan blognya.

Padahal banyak blogger menganjurkan, termasuk salah satu diantaranya Mas Sugeng dalam panduan ngeblog untuk pemula-nya, secara khusus beliau menyatakan bahwa,

"Kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Memiliki tampilan blog yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog sobat menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tapi karena konten yang sobat sajikan di blog."

Intinya, desain dan tampilan memang diperlukan. Tapi jangan sampai keasikan ngurusin desain dan tampilan, sementara waktu dan pembuatan konten engkau sia-siakan wahai blogger yang budiman.. maaan.. maan.. man.


Banyak Posting, atau Sedikit Posting?


Ini masalah fundamental, mendasar.. dasar empang!

Banyak atau sedikitnya postingan pada suatu blog, yang membedakan itu cara pembuatannya.

Mens copas sana, in copas sono (resapan kata dari : Mens sana in corpore sano) - hahaha maksa ya? bodo!

Gue rasa akan percuma dan sia-sia jika elu kebanyakan memposting tulisan hasil jerih payah dari kerja copas sana copas sini..

Kenapa?
Gak maksimal!
Basi, sih..

Ya lo ngapain coba kembali menuliskan sesuatu yang memiliki maksud dan intisari yang sama persis?

Meski lo udah berusaha membedakan tulisan dengan cara merubah gaya bahasa dan tata cara penulisan, tetep aja tulisannya sama!

Sama-sama memiliki inti yang itu-itu aja, tanpa ada perubahan, pembaharuan, ataupun perbaikan. Bahkan jika dibandingkan, tulisan yang lo copas jauh lebih baik ketimbang tulisan yang lo buat.

Makanya seringkali blog terasa sepi, dan..
~ sudah terlalu lama sendiri..
~ sudah terlalu lama aku asik sendiri..
~ lama tak ada yang menemani.. rasanya..

Nyanyi bray? Nggak enak!

Tapi.. pembaca mungkin ada aja. Cuma batin kita terpuaskan atau enggak dengan hasil yang didapatkan dari perbuatan lo itu?

Kalo udah menjurus ke penghasilan..
Suka-suka elu dah!

Duit-duit elu, lu makan ya jadi daging.
.. yang makan ya elu, yang berakin juga elu lagi.


At least but not last..


Ngeblog tanpa arah dan tujuan itu abu-abu kelabu, cenderung mendung dan sering bikin murung.

Meski punya tujuan, tapi kalo cara yang ditempuhnya menggunakan cara yang kurang beretika dan tanpa tata krama, ya mana bisa bertahan lama..

Pokoknya, tentukan dulu arah dan tujuan lo ngeblog. Baru setelah itu, elu tinggal menginterpretasikan tujuan lo itu kedalam blog yang akan lo kembangkan.

Sampai sini mungkin lo bisa aja bingung dan tambah bertanya-tanya..
Ini tulisan maksudnya apa?

Nah itu dia..
Tujuan dari dibuatnya tulisan ini cuma buat bikin lo bingung aja, karena disini.. gak ada yang namanya solusi ~ hahaha.. bete gak sih?

By the way..
Kalo elu suka dengan tulisan ini.
Bantu gue menyebarkannya ini tulisan dengan cara menekan salah satu tombol Share/Bagikan.

Kalo elu perhatiin, dari tadi itu widget udah mondar-mandir kesana-kemari ngikutin elu mulu, kasian kan kalo dicuekin?
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!