Bukan Korean Lovers Namanya Kalau Belum Nyobain 5 Makanan Unik Ini!

February 13, 2016 /
Doyan makan dan jalan-jalan?
Atau bosen makan makanan yang itu-itu aja?

Bisa kali wisata kuliner..
Main-main lah ke rumah makan yang menyajikan masakan khas Korea Selatan. Apalagi kalau elu kebetulan lagi ada di Korea Selatan, lo bisa banget nyobain makanan unik disana yang belum pernah lo rasain dan nikmatin sebelumnya disini.

Ada banyak banget makanan yang bisa lo icip-icip, apalagi kalau lo doyan makan makanan unik dan gak biasa semisal Beondegi, makanan jalanan Korea.

Mau tau apa aja makanan unik asal Korea Selatan?

1. Yukhoei


Makanan Korea - Yukhoei
Makanan Unik Korea Selatan - Yukhoei

"육" (baca : "yuk") dalam bahasa Korea yang berarti daging, dan "회" (baca "hoei") yang berarti sashimi / segala sesuatu yang disajikan secara mentah.

Sama seperti namanya.. hidangan yang satu ini merupakan hidangan daging sapi yang digiling dan disajikan secara mentah.

Hidangan yang biasanya disajikan potongan buah pir dan kuning telur mentah ini bisa dibilang merupakan salah satu makanan favorit penduduk negara gingseng ini.

Kunci utama dari cara penyajian makanan unik Korea Selatan ini adalah daging sapi yang disajikan harus masih merupakan daging baru yang masih segar agar tidak berbau dan memiliki rasa manis.


2. Kepiting Saus Kecap Asin


Makanan Korea - Kepiting Saus Kecap Asin
Makanan Unik Korea Selatan -Kepiting Saus Kecap Asin


Biarpun gak ada yang istimewa dari namanya, tetapi kepiting yang disajikan mentah dan direndam selama beberapa saat di dalam saus asin ala Korea ini ternyata memiliki rasa yang super menggiurkan!

Bahkan, orang-orang Korea sendiri menjuluki hidangan ini sebagai "pencuri nasi".
 
Maksudnya.. kalau ada hidangan ini muncul di atas meja makan, maka kita bisa makan nasi jauh lebih banyak dari porsi nasi kita biasanya.


3. Udang Saus Kecap Asin


Makanan Korea - Udang Saus Kecap Asin
Makanan Unik Korea Selatan -Udang Saus Kecap Asin

Dari namanya yang agak mirip dengan si saus kepiting di atas, bisa ditebak kalau cara pembuatan saus yang satu ini juga agak mirip.

Udang yang juga pastinya disajikan secara mentah ini biasanya direndam selama beberapa saat di saus asin sebelum disajikan ke atas meja.

Namun, buat yang ingin mencoba hidangan yang satu ini, disarankan untuk mencari tempat yang benar-benar menyajikan udang-udang ini secara segar.

Karena kalau engga..
Bukannya  rasa enak, manis dan renyah yang didapat, justru rasanya bakal berubah menjadi amis, bau dan pahit.


4. Ulat Sutra


Makanan Korea - Ulat Sutra
Makanan Unik Korea Selatan -Ulat Sutra

Yup! Kalian semua tidak salah membaca. Ulat Sutra.

Meskipun belum pernah mencoba jajanan pinggir jalan Korea yang terkenal ini karena bentuknya yang menjijikkan, tetapi semua orang yang pernah mencobanya berpendapat bahwa jajanan yang satu ini terasa super enak dan renyah tanpa ada sedikit pun rasa tidak sedap.

Padahal..
Kalau melewati gerobak yang menjajakan makanan ini di pinggir jalan, baunya benar-benar tidak sedap dan terkadang bikin pengen muntah.


5. Sannakji


Makanan Korea - Sannakji
Makanan Unik Korea Selatan -Sannakji

"San" berarti hidup dan "Nakji" berarti gurita kecil, atau mungkin yang lebih kita kenal baik dengan nama baby octopus.

Dari namanya aja udah bisa ditebak..
Makanan unik yang satu ini dibuat dari bayi gurita yang masih hidup dan bergerak-gerak.

Tetapi menurut orang-orang Korea, justru disitulah keasyikan mencoba makanan yang satu ini. Ada sensasi tersendiri ketika si bayi gurita bergerak-gerak di dalam mulut saat kita berusaha mengunyah dan menelan makanan yang satu ini.

Meskipun begitu, secara pribadi aku lebih memilih hidangan Sannakji yang sudah dimasak mateng dan enak.

Seoucial / Inggrid
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!