Lucunya 10 Hal dan Mitos yang Masih Dipercaya Orang Indonesia

December 25, 2015 /
Mitos dan Hal Gak Penting — Kita ini entah terlalu banyak makan atau nonton apa ya.. Masih aja ada segelintir orang yang percaya sama sejumlah mitos dan ngelakuin beberapa hal yang padahal apa yang dilakukanya itu gak ada efek, apalagi pengaruhnya sama sekali buat dirinya sendiri bahkan orang lain.

Mitos dan Hal Gak Penting yang Kadang Dipercaya dan Dilakukan
A Myth (Image Courtesy of Sketchport.com)

Lu tau apa?


1. Nyakuin batu kalo sakit perut


Ini mah cerita lama, dari dulu kita udah di dikte dan di doktrin sama entah siapa yang katanya kalo kita sakit perut alias mules, sakuin aja batu. Maksudnya apa coba?!

Pun termasuk gue sendiri yang kena hasutan ini, dulu waktu masih kecil seringkali tanpa sadar gue suka masukin batu kedalam celana kalo lagi mules. Semakin gede ukuran batu, maka semakin cepet rasa mulesnya ilang.

Serius, kadang gue ngerasa hal ini berguna banget dan emang bener kalo nyakuin batu itu beneran bisa bikin mules kita ilang. Entahlah, mungkin sugesti aja.

Atau mungkin..
Logikanya..

Batu kan keras bray, sedangkan intisari dari rasa mules itu berbentuk cairan yang mudah larut dalam air yang bisa keluar kapan aja dan tanpa di duga sama sekali.

Makanya kalo dikasih batu di area deket-deket rasa mules, diharapkan si cairan tersebut ikut mengeras layaknya batu. Sehingga ketika rasa mules itu udah memuncak dan mendekati klimaks, akan sedikit mengulur waktu sebelum semuanya terlambat!


2. Mencet tombol lift berulang-ulang


Biasanya kejadian kaya gini terjadi kalo seseorang lagi nunggu kedatangan lift bray. Padahal udah dipencet, masih aja dipencet-pencet.

Emang semakin sering kita pencet kecepatan lift itu bertambah apa?
Dikata tombol fast forward atau backward di remote kali ya hahaha


3. Jangan diem atau duduk-duduk deket pintu


Ini mitos yang paling sering banget gue denger seumur hidup gue bray. Karena gue sendiri adalah orang yang entah kenapa secara gak sengaja suka diem atau duduk-duduk deket pintu atau didepannya.

Setiap kali gue ketauan diem atau duduk-duduk depan pintu, ada aja orang tua yang bilang (pake Basa Sunda), "eh ulah cicing dina lawang panto, bisi nongtot jodo!". Yang mana kalo di artikan kedalam bahasa Indonesia kurang lebihnya akan berbunyi kaya gini, "eh jangan diem deket pintu, entar susah dapet jodoh!".

Pesan dari mitos ini apa ya? Yang terpikirkan oleh gue selama ini cuma satu bray, kalo kita diem atau duduk-duduk depan pintu itu ya ngalangin jalannya orang yang mau lewat, entah itu orang mau keluar atau masuk.


4. Kalo makan nasi kudu abis satu piring


Gue sendiri gak tau gimana awal mula dan ceritanya. Namun yang jelas setiap kali kita makan nasi, nasinya itu harus di abisin. Bukan berarti nasi satu bakul yang di abisin ya bray haha, tapi nasi yang ada di piring buat kita makan aja.

Katanya bray, kalo kita makan nasi tapi nasinya gak di abisin atau ada yang nyisa walaupun beberapa butir aja sisanya, nanti itu nasi nangis-nangis dan minta pertanggung jawaban. What the!?

Dikata gue ngapa-ngapain itu nasi kaaan jadinya?
Sampe-sampe si doi nangis-nangis minta pertanggung jawaban segala.

Tapi bray, ada pesan yang tersampaikan dari mitos ini yaitu kita sebagai manusia jangan sampe lupa bersukur.

Diluaran sana masih banyak orang yang susah-susahan nyari sesuap nasi buat di makan sedangkan kita yang katakanlah pengen makan tinggal "aaammm" masih aja gak bersukur dengan cara menyisakan makanan kemudian membuangnya.


5. Siulan itu merupakan cara memanggil setan


Mitos ini cukup sering juga gue denger bray, karena gue juga termasuk orang yang kadang gak sengaja dan seringnya iseng bersiul apalagi kalo lagi dengerin musik tertentu. Pasti aja emak gue bilang, "heh! jangan bersiul malem-malem gini, entar ada kuntilanak dateng."

Ya kaliiii itu kunti demen gue cengin, di siulin dikit mesem-mesem, cengar-cengir haha hihi jadinya dateng. Tapi kalo beneran kejadian, merinding juga sih bray.

Ya intinya mah berisik aja kali bray kalo kita sering bersiul, mending siulannya enak.


6. Jangan main di petang hari, entar diculik Wewe Gombel


Petang itu waktu magrib kali ya bray? Sorry dorry bray kalo salah-salah bahasa-nya. Pokoknya mah kalo waktu magrib itu kita gak boleh berada diluar rumah, entar di culik setan yang dijuluki Wewe Gombel.

Gue gak tau Wewe Gombel ini rupanya kaya gimana, namun dari cerita orang tua dan emak bapaknya orang lain sih katanya kalo Wewe Gombel itu cewek yang demen banget sama anak-anak, penampilannya juga menonjol tjoy!

Dimana dadanya itu bray, beuuhh gede dan panjang ahah~
Saking gede dan panjangnya, sampe-sampe bisa dilipet dan dililit ke perut!
hahah~ kagak gue becanda

Apapun rupa dan bentuk dari Wewe Gombel tersebut, yang jelas bukan itu permasalahannya. Dalam kepercayaan gue sendiri, magrib itu ya waktunya ibadah dan waktu dimana aktivitas duniawi kita sebaiknya udah berhenti dan dilanjutkan dengan istirahat.

Disamping waktu magrib yang singkat juga mendekati malam hari, jadi kita sebaiknya harus udah ada dirumah dan beristirahat.

Ah pokoknya elu lebih tau lah urusan agama ;)


7. Buat cewek, nyapu rumah itu yang bersih


Kenapa? katanya bray, kalo cewek udah bersih-bersih apalagi nyapu rumah itu harus dan kudu banget bersih. Kalo gak bersih entar dapet pasangan yang brewokan.

Helloooo?!
Gila aja! Gue brewokan tjoy!
Tersungging nih gue.

Jadi buat gue dan temen-temen gue lainnya dan mungkin juga termasuk elu yang merupakan pria dengan rambut berlebih udah dipastikan bakalan dapetin pasangan yang kalo nyapu itu gak pernah bersih gitu?

Mitos macam apa ini!?


8. Kalo foto bertiga, yang tengah mati


Ngeri banget mitos yang satu ini, sampe-sampe dulu gue sempet percaya gitu aja dan takut akan kejadian. Ceritanya waktu masih polos, imut, lucu, lugu dan masa-masa dimana gue lagi ngegemesin dulu, gue sempet di foto bareng adek-adek gue dimana posisi gue ada di tengah-tengah kedua adek gue.

Begitu cetak foto, terus pulang dan temen gue ngeliat foto kita bertiga, doi langsung bilang; "anjir, lu gak takut mati foto bertiga dan elu ada di tengah?"

Lah gue kan gak tau tjoy!
Gue tanya, "kata siapa lu?"

Doi bilang, "emak gue dulu pernah bilang kaya gitu, lu juga sering main kan ke rumah gue? ada gak foto keluarga gue yang bertiga?"

Emang bener itu bray, gue sering main ke rumah doi dan gak pernah nemu ada foto keluarga yang cuma bertiga, kalopun ada paling dua orang, yaitu emak sama bapaknya.

Nah anak-anaknya (temen gue itu) di foto seringnya berempat atau berlima, yang penting jangan sampe tiga orang dalam satu foto.

Namun setelah gue beranjak dewasa dan tau gimana rasanya jatuh cinta.. aseeek~ Gue mulai sadar dan bisa berpikir dengan baik ketika mendengar kembali mitos kalo foto bertiga, yang tengah mati. Emangnya takdir dan matinya gue ada ditangan tukang foto apa? atau ada di tangan kamera gitu?


9. Kalo ke pantai, jangan pake baju ijo


Mitos yang satu ini buat gue sendiri entah kenapa agak-agak gimana gituuu..
Walaupun gue gak percaya sama sekali, tapi emang gue kalo ke pantai gak pernah sekalipun pake baju berwaran hijau.

Yaa.. karena gue gak pernah ke pantai, itu sih masalahnya..


10. Bulu mata yang jatuh, pertanda ada orang yang kangen


Gue gak tau soal mitos ini gimana awal mula, cerita dan maksudnya.
Cuma ada beberapa pertanyaan yang menggelitik aja saat mendengar mitos bulu mata yang jatuh merupakan pertanda adanya orang yang kangen sama kita.

Kadang gue bertanya-tanya..

Kalo bulu mata gue jatuhnya satu helai doang, berarti yang kangen nya cuma satu orang doang.
Kalo dua helai bulu mata gue jatuh, berarti dua orang juga dong yang kangen, begitupun seterusnya.

Lah gimana dong nasib gue?
Gue kan orangnya ngangenin bangetttt, gue takut kalo bulu mata gue jatuh semua! aaa~ tidaaakkk!


Udah kali ya bray?
Mungkin beberapa mitos di atas sedikit berbeda dengan mitos elu-elu pada. Bisa jadi karena perbedaan budaya kita bray, jadi kalo elu punya mitos sendiri, bisa kali dibagi dimari.

Jangan lupa share ke media social elu ya kalo dirasa tulisan gue ini gak ada guna nya sama sekali haha~

Yo bay!
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

6 komentar

Write komentar
26 December, 2015

bulu mata yang jatuh , terus ditepok-tepokin pake tangan. Setiap pindah, A, B, C ohhh si Cantikk kangen sama saya ternyata....haha. masa-masa kecil dulu seperti itu mas gan.

Reply
avatar
28 December, 2015

hahahaha lucu juga yang batu itu. coba aja mas kalo udah hampir crot mungkin berpungsi buat nyumbat mas. hehehehe

Reply
avatar
28 December, 2015

kalo yang baju hejo di saya saya ada konfirmasi lagi nih katnya mitosnya itu bukan baju hejo tapi biru. kenapa jadi hejo karena orang sunda bilang biru itu hejo bulao mas. hehehe di ambil hejonya saja.
kalo hejo ngora hejo pucuk cau.
nah itu dia mas makin bingun ya.

Reply
avatar
29 December, 2015

nah ini baru banget nih, disini gak ada lanjutanya setelah bulu mata jatuh di apain

Reply
avatar
29 December, 2015

kalo udah hampir crot mah bukan disakuin lagi batunya mang, tapi di jejelin ke nganuu hahaha

Reply
avatar
29 December, 2015

wah kalo ini baru tau nih mang. mungkin iya juga soalnya rata-rata orang tua di daerah sini agak buta warna kalo ngeliat warna ijo sama biru termasuk gradasinya

Reply
avatar