Update Terbaru Apple iOS 9, Perubahan dan Keunggulannya

November 02, 2015 /
Pada musim dingin kali ini, iOS 9 besutan Apple akan kembali memulai debut barunya dengan mengimplementasikan sejumlah perubahan pada iOS 9 serta menambahkan sejumlah fitur baru yang akan meningkatkan kinerja setiap perangkat (produk Apple) termasuk, iPhone, iPad, dan iPod touch yang menggunakan iOS 9.

Gambar tampilan Apple iOS 9 terbaru
Tampilan iOS 9 pada iPad Air 2 dan iPhone 6 (Image Courtesy of Apple)


So, apa yang baru dari iOS 9 ini?
Dikutip dari situs resminya (Apple.com), terdapat beraneka macam perbaikan dan peningkatan, mulai dari pengalaman pencarian yang lebih pintar sampai pada tombol shift pada keyboard yang mendapatkan sedikit improvisasi.

Dari sejumlah fitur terbaru yang dimiliki oleh iOS 9, Bete Gak Sih merangkumnya menjadi 9 Perubahan Penting pada iOS 9.


1. Fitur pencarian menjadi lebih baik pada iOS 9


Gambar tampilan fitur pencarian pada iOS 9 terbaru
Tampilan dari fitur pencarian pada iOS 9 (Image Courtesy of Apple)


Apple telah melakukan update pada fitur spotlight dalam iOS 9, yaitu sebuah alat yang secara cepat akan melakukan pencarian informasi yang ada didalam perangkat seperti kontak ataupun email.

Disamping itu, pada iOS 9 ini anda bisa mengakses fitur search (pencarian) dari dua lokasi yang berbeda, yaitu dari sebelah kiri home screen atau dengan cara swip (menggeser) layar ke bawah untuk memunculkan fitur tersebut.


Mau nyari team favorit Anda?
Anda bahkan akan mendapati hasil pencarian yang komplit sampai pada hasil skor terbaru team favorit Anda. Kemudian jika Anda ingin mengetahui kondisi cuaca saat itu, Anda cukup menuliskan "weather" kemudian tekan enter.

Hasil pencarian akan menampilkan aplikasi cuaca yang direkomendasikan, begitu juga rekomendasi menu dan tempat makan malam yang asik untuk anda, bahkan artikel dan juga berita sesuai dengan pola pemakaian Anda pada iOS 9.


2. Siri di iOS 9 makin canggih


Gambar tampilan kecanggihan Siri pada iOS 9 terbaru
Siri pada iOS 9 (Image Courtesy of Apple)

Setelah Anda melakukan update OS ke iOS 9, Anda bisa meminta Siri untuk :

  • Menunjukan foto dari berbagai tanggal dan waktu, bahkan lokasi.
  • Mengatur pengingat dan juga dapat mengingatkan Anda.
Misalnya, ketika Anda mengetik sesuatu dalam aplikasi notes Anda namun catatan tersebut belum sepenuhnya selesai, maka Anda cukup meminta Siri : "Remind me to finish the notes tonight."

Atau misalnya ketika Anda sedang melakukan percakapan melalui pesan instan, coba minta Siri untuk mengingatkan Anda dengan berkata, "Hey! Siri, remin me about this."

Dengan begitu, Siri akan membaca pesan terakhir yang terdapat pada thread percakapan Anda yang nantinya Anda akan diingatkan terkait percakapan tersebut.


3. News App Anyar Pada iOS 9


Gambar tampilan News App Terbaru pada iOS 9 terbaru
Apple News app pada iPhone dengan iOS 9 (Image Courtesy of Apple)

Apple telah membuat aplikasi News nya sendiri dengan harapan Anda sebagai pengguna akan mendapatkan update berita harian. Anda juga dapat berlangganan berita sesuai dengan publisher atau blog yang Anda pilih untuk berlangganan.

Anda juga dapat berbagi artikel atau cerita dengan teman-teman Anda melalui aplikasi ini yang mana Apple nantinya akan menggunakan informasi tersebut untuk mempersonalisasi news feed Anda.

Aplikasi ini juga tidak hanya sekedar gambar dan tulisan saja. Apple menjanjikan akan menggabungkannya dengan audio, video, galeri dan animasi.


4. Notes App tampil lebih indah dalam iOS 9


Gambar tampilan fitur Notes terbaru pada iOS 9 terbaru
Notes app pada iPhone (OS X version). (Image Courtesy of Apple)

Aplikasi Notes milik Apple pada iOS teranyarnya tidak hanya sekedar halaman kosong yang hanya bisa diisi oleh text. Sekarang Anda bisa memasukan alamat web, text berformat, foto, dan bahkan sketsa gambar. Dan untuk kali pertamanya dalam eksistensi apps, Anda bisa membuat folder untuk mengorganisir catatan Anda agar lebih baik.


5. Transit Directions pada Apple Maps


Gambar tampilan Maps terbaru pada iOS 9 terbaru
iOS 9 Transit directions yang menunjukan waktu jika melalui subway. (Image Courtesy of Apple)

Sejak debutnya pada 2012, Aplikasi Maps milik Apple ini memiliki kelemahan dalam fitur petunjuk arah transit. Dalam iOS terbarunya yakni iOS 9, Apple memperbaiki fitur tersebut dengan menambahkan rute dan arah untuk jalur angkutan umum. Bahkan Anda juga dapat meminta Siri untuk menunjukan arah transit.

Sayangnya, saat pertama kali diluncurkan, fitur tersebut hanya mendukung dibeberapa daerah metro seperti ; Baltimore, Berlin, Chicago, London, Mexico City, New York City, Philadelphia, San Francisco, Toronto, Washington D.C., dan sejumlah kota yang ada di China.


6. Dalam iOS 9, Passbook digantikan dengan Wallet


Gambar tampilan Wallet pada iOS 9 terbaru
Sejumlah kartu yang dapat disimpan didalam Wallet App pada iOS 9. (Image Courtesy of Apple)

Pada iOS 9, Anda sudah tidak akan mendapati lagi icon Passbook yang kini sudah berganti nama menjadi Wallet. Tenang saja, Anda tidak perlu memasukan kembali deretan angka dan hal personal lainya. Wallet berfungsi sebagai "rumah" bagi boarding passes, tiket bioskop, dan yang serupa denganya, serta sebagai informasi kartu kredit yang digunakan untuk Apple Pay.

Aplikasi ini mendukung beberapa rewards, toko, dan kartu kredit, termasuk Discover, Kohl's, JCPenney, Dunkin’ Donuts DD Perks, Walgreens Balance Rewards, dan MyPanera.


7. Fitur Slide Over & Split View pada iPad dengan iOS 9


Gambar tampilan Fitur Slide Over & Split View pada iPad iOS 9 terbaru
Tampilan safari browser ketika dalam Slide Over mode pada iPad (Image Courtesy of Apple)

Seiring dengan dirilisnya iOS 9 telah banyak fitur menarik yang terdapat dalam iPad, salah satunya yaitu kemampuan untuk menggunakan dua aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Split View memungkinkan pengguna mengatur ruang dan ukuran yang cukup untuk membuka dua aplikasi agar tampil dengan baik pada layar iPad.

Dalam peluncurannya, hanyalah iPad Air 2 yang mendukung split-screen apps ini.

Slide Over nya pun memungkinkan untuk menarik ataupun menyembunyikan aplikasi dengan cepat dari bilah samping layar iPad pengguna. aplikasi pesan instan dan social media rasanya akan serasi apabila disandingkan berbarengan dengan menggunakan fitur ini.


8. iPad dengan iOS 9 dan fitur Picture In Picture


Gambar tampilan iPad iOS 9 dan fitur Picture In Picture terbaru
iOS 9 saat digunakan untuk video call sambil membalas email (Image Courtesy of Apple)

Masalah utama yang biasa dialami pengguna gadget atau smartphone ketika menonton video atau melakukan panggilan video adalah tidak bisa jika harus dipaksa membuka aplikasi lain. Jadi, jika Anda sedang menonton video, Anda hanya bisa menonton video, tidak bisa yang lain karena jika membuka aplikasi lain, otomatis video yang sedang Anda tonton harus ditutup terlebih dahulu.

Nah, di iOS 9 ini, masalah tersebut dapat diatasi dengan adanya mode picture-in-picture. Saat Anda sedang menonton video dan ingin membuka aplikasi lain, Anda akan melihat frame video berukuran kecil seperti yang terlihat dalam gambar.


9. Keyboard iPad yang lebih pintar dari versi iOS sebelumnya


Gambar tampilan keyboard iPad iOS 9 terbaru
Seleksi dan edit text menjadi lebih mudah pada keyboard terbaru iPad (Image Courtesy of Apple)

Keyboard terbaru pada iPad memiliki shortcut untuk menyorot dan manipulasi text. Ketika Anda menggunakan kedua jari untuk melakukan double-tap, kata yang terdapat pada sebelah cursor dipilih. Anda kemudian dapat menyeret kedua jari di atas keyboard untuk menyorot teks tambahan.

Dengan demikian, akan sangat memudahkan pengguna dalam menyorot seluruh paragraf atau kalimat. Fitur keyboard yang lebih baik pada iOS 9 ini merupakan perbaikan dari versi iOS sebelumnya yang memiliki pegangan lebih kecil.

Selain itu, tombol shortcut pada keyboard yang biasa dan populer digunakan seperti Undo ataupun Bold terdapat pada bagian atas keyboard itu sendiri seperti yang terlihat pada gambar tampilan keyboard terbaru iOS 9 diatas.

Yep! That's it!
Itulah beberapa fitur tambahan dan perubahan yang terdapat pada iOS terbaru milik Apple, yaitu iOS 9.
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!