8 Smartphone Terbaik untuk Fotografi

November 05, 2015 /
Smartphone Terbaik Fotografi, smartphone flagship Samsung, Galaxy S6 Edge, tampil menjadi smartphone yang memiliki kamera terbaik mengalahkan semua pesaingnya, seperti iPhone 6 dan Sony Xperia Z3.

Penilaian ini dilakukan berdasarkan daftar hasil tes kamera smartphone DxOMark yang dikeluarkan DxO Labs, perusahaan pembuat software grafis.

Dari daftar DxOMark Mobile, Samsung Galaxy S6 Edge memiliki skor tertinggi dengan nilai 86. Setingkat di bawahnya dipegang oleh Samsung Galaxy Note 4 dengan skor 84, kemudian disusul iPhone 6 Plus dengan skor 82. Dari 21 smartphone yang di uji, HTC One M8 menjadi yang terendah dengan skor 69.

Menurut DxOMark, spesifikasi dan teknologi kamera pada Samsung Galaxy S6 Edge sangat menarik untuk fotografer kamera ponsel. Kamera utamanya menawarkan resolusi 16 MP dengan ukuran gambar 5312 x 2988 pixel berformat jpeg dan aspek rasio 16 : 9. Untuk merekam video, kameranya mampu menghasikan video beresolusi 2.160p @30fps, 1080p @60fps, dan @720p 120fps untuk efek slow motion atau video gerak lambat.

Selain itu, lensa Samsung Galaxy S6 Edge didukung dengan teknologi optical image stabilization untuk meredam guncangan saat memotret atau merekam video. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 1440p @30fps.

Dari 21 smartphone yang di uji, Bete Gak Sih memperkecil dan merangkum review smartphone terbaik untuk fotografi ini menjadi 8 berdasarkan peminat dan banyaknya pengguna smartphone tersebut.


8 Smartphone Terbaik untuk Fotografi


Berikut ini adalah 8 smartphone teratas dari 21 smartphone yang di uji terkait kamera terbaik untuk fotografi berdasarkan DxOMark :


    1. Samsung Galaxy S6 Edge - Kamera belakang 16 MP(OIS), kamera depan 5 MP


    Samsung Galaxy S6 Edge
    Samsung Galaxy S6 Edge (Image Courtesy of Samsung)

    Ponsel Samsung Galaxy S6 Edge ini memiliki resolusi kamera yang tajam, handal dan cepat. Dilengkapi dengan lensa F1.9 dan sensor beresolusi tinggi pada kamera depan (5 MP) dan belakangnya (16 MP) sehingga dapat memberikan tampilan gambar dengan kualitas yang tinggi, bahkan pada kondisi gelap sekalipun.

    Kamera Samsung Galaxy S6 Edge
    Kamera Samsung Galaxy S6 Edge (Image Courtesy of Samsung)

    Selain itu, Samsung Galaxy S6 Edge juga dilengkapi dengan fitur Auto Real-time High Dynamic Range (HDR), Smart Optical Image Stabilization (OIS) dan IR Detect White Balance yang memberikan sensitifitas ringan dan mutakhir beserta solusi kamera.


    2. Samsung Galaxy Note 4 - Kamera belakang 16 MP (OIS), kamera depan 3,7 MP


    Samsung Galaxy Note 4
    Samsung Galaxy Note 4 (Image Courtesy of Samsung)

    Mengambil gambar atau foto dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 4 akan menghasilkan gambar yang lebih terang dan jelas, baik dengan menggunakan kamera belakang ataupun kamera depan.

    Galaxy Note 4 dilengkapi dengan kamera depan 3.7 MP dengan lensa F1.9 dan kamera belakang 16 MP Smart OIS. Dengan dukungan kamera yang dimiliki Galaxy Note 4 akan memberikan hasil yang terbaik disetiap foto yang diambil, bahkan pada kondisi pencahayaan yang minim.

    Kamera Samsung Galaxy Note 4
    Kamera Samsung Galaxy Note 4 (Image Courtesy of Samsung)

    Selain hasil jepretan kameranya yang lebih terang dan jelas, Samsung Galaxy Note 4 juga memiliki saturasi warna yang tepat dan kontras yang tinggi dari layar Quad HD Super AMOLED 5.7"-nya. Sehingga membuat pengguna seolah-olah melihat objek dalam kamera secara langsung dengan menggunakan mata karena warnanya yang begitu tajam dan jelas.

    Seperti yang kita ketahui, resolusi yang tinggi akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik dan tentunya luar biasa.


    3. Apple iPhone 6S Plus - Kamera belakang 12 MP (OIS), kamera depan 1,2 MP


    Apple iPhone 6S Plus
    Apple iPhone 6S Plus (Image Courtesy of Apple)

    Teknologi kamera iSight pada Apple Iphone 6S Plus yang disertai dengan sensor tercanggih, prosesor sinyal gambar baru, teknologi piksel canggih, Focus Pixel, pemetaan rona lokal yang disempurnakan, dan penstabilan gambar optik membuat hasil jepretan dari kamera Iphone 6S Plus dengan kamera depan 12 MP ini memiliki detail gambar yang mengaggumkan.


    Kamera iSightIphone 6Iphone 6S Plus
    Resolusi Kamera8 MP dengan 1,5 µ piksel12 MPdengan 1,22 µ piksel
    Fokus otomatis dengan Focus PixelsYaYa
    Bukaan ƒ/2.2YaYa
    Penstabilan gambar optikTidakYa
    Flash True ToneYaYa
    Lensa lima elemenYaYa
    Filter IR hibridaYaYa
    Penerangan sisi belakang sensorYaYa
    Penutup lensa kristal safirYaYa
    Penstabilan gambar otomatisYaYa
    HDR otomatis untuk fotoYaYa
    Deteksi wajahYaYa
    Kontrol eksposurYaYa
    PanoramaHingga 43 megapikselHingga 63 megapiksel
    Mode beruntunYaYa
    Ketuk untuk fokusYaYa
    Penanda lokasi fotoYaYa
    Mode timerYaYa
    Live PhotosTidakYa
    Pemetaan warna lokalTidakYa
    Pengurangan noiseTidakYa


    Hasil Foto Apple Iphone 6S Plus

    Hasil foto panorama dari kamera Iphone 6s Plus

    Hasil foto dari kamera Iphone 6s Plus
    Hasil foto dari kamera Iphone 6s Plus (Image Courtesy of Apple)

    Kedua foto diatas diambil dengan menggunakan iPhone 6s atau iPhone 6s Plus — tanpa filter, penyesuaian, atau penyempurnaan gambar.


    4. Samsung Glaxy S5 - Kamera belakang 16 MP, kamera depan 2 MP


    Samsung Galaxy S5
    Samsung Galaxy S5 (Image Courtesy of Samsung)

    Samsung Galaxy S5 dibekali dengan kamera 16 Megapixels ditambah dengan fitur Phase Detection Auto-focus, HDR (Rich Tone), dan Selective Focus.

    Dengan adanya fitur Richer Tone with HDR, ketika pengguna Samsung Galaxy S5 mengambil foto, hasil foto yang di dapat akan lebih tajam dan kaya akan warna, bahkan dalam kondisi cahaya yang menantang.

    Fitur HDR (Rich Tone) Samsung Galaxy S5
    Fitur HDR (Rich Tone) Samsung Galaxy S5 (Image Courtesy of Samsung)

    HDR (Rich Tone) yang terdapat pada Samsung Galaxy S5 ini memberikan warna vibran dan kontras yang begitu hidup seakan-akan pengguna melihatnya secara langsung.


    5. Sony Xperia Z3 - Kamera belakang 20,7 MP, kamera depan 2,2 MP


    Sony Xperia Z3
    Sony Xperia Z3 (Image Courtesy of Sony Mobile)

    Sony Xperia Z3 memiliki fitur sensor yang lebih besar dan ISO tertinggi dibanding smartphone lainya pada saat dirilis. Ditambah dengan Exmor RS™ untuk sensor ponsel dan ISO 12800 yang pertama di smartphone, pengguna Sony Xperia Z3 bisa menggunakannya dalam kondisi cahaya yang lebih redup namun tetap menghasilkan bidikan foto yang terbaik.

    Hasil foto close-up Sony Xperia Z3
    Hasil foto close-up Sony Xperia Z3 (Image Courtesy of Sony Mobile)

    Selain itu, Lensa G buatan Sony yang telah meraih penghargaan dapat menangkap lebih banyak cahaya dan lensa sudut dengan lebar 25 mm-nya memungkinkan lebih banyak orang yang terekam dalam kamera.


    6. Sony Xperia Z2 - Kamera belakang 20,7 MP, kamera depan 2,2 MP


    Sony Xperia Z2
    Sony Xperia Z2 (Image Courtesy of Sony Mobile)

    Sama halnya dengan Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z2 dilengkapi dengan kamera belakang 20, 7 MP dan kamera depan 2, 2 MP dengan fitur yang hampir sama yaitu, sensor citra Exmor RS™ dan Lensa G.

    Selain itu Xperia Z2 memiliki lensa sudut dengan lebar 27 mm dan F2.0 cerah, sehingga dapat menangkap lebih banyak cahaya dalam kondisi redup.

    Hasil foto dengan menggunakan kamera Sony Xperia Z3
    Hasil foto dengan menggunakan kamera Sony Xperia Z3 (Image Courtesy of Sony Mobile)

    Kombinasi unik yang dimiliki Sony Xperia Z2 membuat kualitas dan performa kameranya setara dengan kamera digital saku yang sesungguhnya. Hasil jepretannya pun tajam, jernih, dan terang.


    7. Nokia 808 PureView - Kamera belakang 41 MP, kamera depan VGA


    Nokia 808 PureView
    Nokia 808 PureView (Image Courtesy of Wikipedia.org)

    Kamera Nokia 808 PureView yang memiliki resolusi sangat tinggi yaitu 41 MP yang dilengkapi dengan Xenon Flash dan Carl Zeiss Optics.

    Carl Zeiss Optics sendiri merupakan lensa yang memiliki kualitas tinggi buatan produsen optik untuk mikroskop dan teleskop terkemuka di dunia.

    Carl Zeiss 41 MP - Kamera Nokia 808 PureView
    Carl Zeiss 41 MP - Kamera Nokia 808 PureView (Image Courtesy of Wikipedia.org)

    Resolusi kamera yang dimiliki Nokia 808 PureView ini merupakan resolusi yang umumnya digunakan pada kebanyakan kamera DSLR saat ini.


    8. Sony Xperia Z1 - Kamera belakang 20,7 MP, kamera depan 2 MP


    Sony Xperia Z1
    Sony Xperia Z1 (Image Courtesy of Sony Mobile)

    Sony Xperia Z1 tak berbeda jauh dalam segi resolusi kamera belakang, sama dengan Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3. Dimana Sony Xperia Z1 memiliki resoulsi kamera belakang sebesar 20, 7 MP namun kamera depanya hanya 2, 0 MP. Berbeda 0, 2 MP dari Sony Xperia Z2 dan Z3.

    Pun dengan fitur kameranya, Sony Xperia Z1 dilengkapi dengan sensor citra Exmor RS™ dan lensa G yang tentunya akan menghasilkan gambar dengan ketajaman, kejelasan, dan kecerahan yang baik.


    Yep! Itulah review beberapa smartphone terbaik yang direkomendasikan untuk para pecinta fotografi yang senang mengabadikan momen-momen berkesan dan berharga setiap harinya.
      Previous
      Next Post »

      Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

      Subscribe aja bray!