Mau Tau Kepribadianmu Seperti Apa? Tes Psikologi Kepribadianmu Disini!

August 12, 2015 /
Bray, apa elu termasuk orang yang punya pemikiran yang sama dengan gue saat ini?

— Apa elu pernah membayangkan, berfikir atau bertanya-tanya dalam hati..

..gimana ya pendapat atau tanggapan orang tentang 'Aku' ?

Atau..

orang seperti apakah 'Aku' ini di mata para sahabat, pasangan ataupun orang lain yang kenal dengan 'Aku'?

Dan.. seberapa kenal kah 'mereka' dengan 'Aku' ?

Nyatanya, gue (dan mungkin termasuk elu), terkadang tidak begitu mengenal diri kita sendiri itu seperti apa. Entah itu dilihat dari sifat, sikap dan kepribadian-nya.

Kadang, gue sendiri menilai diri gue itu A. Tapi ternyata, di dalam kondisi yang berbeda, diri gue menjadi B. Lantas, gue itu tipe orang yang mana antara A dan B ini?

Dari sini lah gue mulai menyadari, bagaimana mungkin gue bisa ngerti sifat, sikap, dan kepribadian serta perasaan orang lain kalo gue sendiri aja belum bisa mengerti siapa dan seperti apa gue ini.

Seperti pepatah mengatakan, Kenalilah diri sendiri sebelum Anda mengenali orang lain.

..dan pepatah "Kenalilah Dirimu" ini dijadikan oleh Socrates sebagai pokok filsafatnya.

— manusia hendaknya mengenal diri dengan dirinya sendiri.
Jangan membahas yang diluar diri, hanya kembali lah kepada diri.

Manusia selama ini mencari pengetahuan diluar diri..

Kadang, dicarinya pengetahuan itu didalam bumi..
Kadang,  dicarinya di atas langit..
Kadang, dicarinya di dalam air..
Kadang, dicarinya di udara..

Alangkah baiknya kalau kita mencari pengetahuan itu pada diri sendiri.

Dia memang tidak mengetahui dirinya
.. maka seharusnya dirinya itulah yang lebih dahulu dipelajarinya.

Nanti, kalau dia telah selesai dari mempelajari dirinya
.. barulah dia berkisar mempelajari yang lain.

.. Dan dia tidak akan selesai selama–lamanya dari mempelajari dirinya.
Karena pada dirinya itu akan didapatnya segala sesuatu..
— dalam dirinya itu tersimpul alam yang luas ini..

Hmm.. Sudah kuduga.
Cukup dalam, dan cukup membuat gue sendiri makin gak ngerti ngomong apa gue ini.

Hingga akhirnya, gue menemukan sebuah jawaban terkait pertanyaan dan permasalahan gue tersebut tentang kepribadian di salah satu thread Kaskus buatan agan awyn yang mengajak para kaskuser untuk mencoba mencari tahu kepribadianya masing-masing.

Cara/metode (tes psikologi) yang digunakanya pun cukup mudah dan benar-benar bisa dimengerti bahkan oleh orang yang baru pertama kali melakukan tes kepribadian seperti gue ini.

Caranya yaitu, kita hanya perlu mengurutkan sejumlah skala tertentu terkait suatu kondisi emosi (menangis) yang dikaitkan dengan sejumlah keadaan tertentu (kondisi) yang kemudian hasil tersebut nantinya akan dicocokan dengan beberapa jawaban yang ada sesuai dengan skala nya masing-masing.


Kenapa tes ini mengambil datanya dari apa yang paling buat kita menangis?

Karena menurut survei yang dilakukan, "menangis merupakan satu sifat manusia yang terdalam yang melibatkan emosi yang sesungguhnya."

Tunggu apa lagi ?


Yuk! Kita coba tes psikologi kepribadianmu disini..


Test Psikologi Kepribadian Anda Disini!

1. Langkah Pertama, Tes Psikologi Kepribadian


Urutkan kondisi emosi berikut ini di mulai dari kondisi emosi yang paling bisa membuat Anda menangis hingga kondisi emosi yang sulit untuk membuat Anda menangis.


Urutanya di mulai dari :
Angka 1 : yang paling bisa membuat Anda menangis, hingga
Angka 5 : yang paling susah membuat Anda menangis.

Contoh :
1. Marah
2. Sakit hati
3. Terharu
4. Khawatir / Gugup
5. Kurang enak badan / Sakit

Urutan angka yang Anda pilih tersebut nantinya akan mewakili hasil dari tes ini.
Jadi, pilih lah dengan jujur !


2. Langkah Kedua, Tes Psikologi Kepribadian


Berikut list yang harus diurutkan dengan menggunakan skala dari angka 1 s/d 5 :


A. Marah
B. Terharu
C. Sakit hati
D. Kurang enak badan
E. Khawatir/ Gugup

Sebagai contoh :
Dimulai dari yang paling membuat gue menangis hingga yang paling susah bikin gue nangis.
1. Sakit Hati
2. Terharu
3. Khawatir / Gugup
4. Marah
5. Kurang enak badan / Sakit

Sekarang, silahkan urutkan sesuai dengan pribadi Anda masing-masing. Dimulai dari yang paling mudah/gampang membuat Anda menangis hingga yang paling susah membuat Anda menangis.


3. Langkah Ketiga, Hasil Tes Psikologi Kepribadian Anda


Silahkan buka spoiler berikut ini untuk mengetahui hasil dari tes kepribadian Anda.
Ingat, cocokan dengan urutan yang sudah Anda buat tadi dimulai dari nomor dan juga kondisinya, agar Anda bisa dengan mudah mencocokan jawabanya.


Kondisi A - Marah
Pilih sesuai dengan nomor urutan yang Anda pilih.

Yang paling Anda harapkan darinya :
  1. Bisa bercanda ria dengan Anda. Mengerti akan apa yang Anda inginkan.
  2. Tidak mudah emosian. Mengerti bagaimana cara mentolerir Anda.
  3. Mempunyai kepribadian yang lucu. Anda tidak akan bisa menebak surprise apa yang akan dilakukannya selanjutnya.
  4. Sangat detail. Dia selalu bisa mempersiapkan apa yang Anda perlukan.
  5. Kecerdasan adalah hal yang terpenting. Berkata rasional dan bisa memperhatikan Anda.

Kondisi B - Terharu
Pilih sesuai dengan nomor urutan yang Anda pilih.

Orang yang belum kenal dekat dengan Anda akan merasa bahwa Anda :
  1. Sosok yang misterius. Tidak mudah didekati
  2. Sangat perhatian pada orang lain. Sangat mengerti apakah orang yang disekitarmu bahagia atau tidak.
  3. Kamu adalah orang yang polos, dan konyol. Kamu aakan melakukan apa yang ingin kamu lakukan. Dan kamu orang yang Imut.
  4. Tidak memerlukan orang lain untuk mengkhawatirkanmu.
  5. Sangat cerdas dan punya rasa tanggung jawab. Mempunyai rasa hormat yang tinggi.

Kondisi C - Sakit Hati
Pilih sesuai dengan nomor urutan yang Anda pilih.

Orang yang kenal dekat dengan Anda akan merasa bahwa Anda :
  1. Mempunyai standar yang tinggi dalam berbagai masalah. Dan terkadang keras kepala.
  2. Anda bisa berbicara logika dengannya. Dia sangat mengerti perbedaan yang sangat baik dengan yang tidak.
  3. Orang yang mempunyai pemikiran yang baik. Dia tidak akan menampakkan rasa sakit hatinya walau orang-orang melihatnya dengan sangat jelas.
  4. Selalu berpikir dahulu sebelum mengambil setiap keputusan. Anda adalah orang yang mempunyai harga diri tinggi.
  5. Kelihatan lemah diluar, tetapi Anda mempunyai hati yang kuat dan tegar didalam.

Kondisi D - Kurang Enak Badan / Sakit
Pilih sesuai dengan nomor urutan yang Anda pilih.

Anda ingin orang lain merasa bahwa Anda adalah orang yang :
  1. Butuh perlindungan dari orang lain.
  2. Bukan orang yang mudah didekati.
  3. Sangat peduli terhadap orang lain, dan tidak takut berkorban
  4. Sangat pintar akan tetapi tidak sombong.
  5. Mengerti sekali apa yang diinginkan oleh diri sendiri.

Kondisi E - Khawatir
Pilih sesuai dengan nomor urutan yang Anda pilih.

Sebenarnya, Anda adalah orang yang :
  1. Sangat takut orang lain bisa melihatmu dengan jelas. Kamu membenci kepribadianmu sendiri.
  2. Orang yang sangat kesepian, ketika saat berkumpul dengan orang banyak , kamu sering tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dikatakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  3. Merasa adalah teman yang terpenting. Kamu sangat menyayangi teman yang ada disekitarmu. Tetapi ingat berani menyayangi berarti kamu suatu saat nanti berani membencinya juga.
  4. Orang yang to the point. Kamu berharap ada yang selalu mengerti kamu. Terutama orang yang kamu sukai.
  5. Tidak mengerti apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri. Tidak memiliki standar yang jelas terhadap berbagai macam hal. Yang terpenting adalah melewati hari setiap hari dengan bergembira.



Gimana hasilnya?
Akurat atau malah ngaco?
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

14 komentar

Write komentar
12 August, 2015

Selain spoiler A kenapa gak bisa dibuka ya gan ?

Reply
avatar
13 August, 2015

ya cocok juga ya, tapi ini ngasal kan??bikin kaya giniannya? :D
gue mah paling nangis kalo terharu aja..

Reply
avatar
13 August, 2015

ya jangan asal atuh bray kalo hasilnya pengen maksimal mah.
urutin sejujurnya aja,

Reply
avatar
13 August, 2015

Ijin copas ke word :p

Reply
avatar
13 August, 2015

awkakwakw udah ane coba nih, mantap caranya

Reply
avatar
13 August, 2015

Mantap nih, izin bookmark gan

Reply
avatar
13 August, 2015

mantaf bnget artikelnya gan. lanjutkan :D

Reply
avatar
16 August, 2015

mantap.. bikin kepala mudeng. hehe

Reply
avatar
22 August, 2015

info yang bermanfaat ;)

Reply
avatar
23 August, 2015

wah keren gan, akurat bnget.
kok bisa ya...

Reply
avatar