Kumpulan Singkatan Unik, Aneh dan Nyeleneh Kreasi Netizen Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, cara orang-orang berkomunikasi pun kian hari kian berkembang. Apalagi di era digital sekarang ini yang notabene setiap orang pasti memiliki akun social media.

Berawal dari ramainya penggunaan social media ini, semakin ramai lah berbagai macam bahasa yang mungkin bagi sebagian orang terdengar baru, aneh dan sulit untuk dimengerti. Bahasa ini dikenal banyak orang dengan sebutan bahasa slang.

Lalu, apa itu slang?

Slang dan Singkatan dalam Bahasa Inggris

Singkatan unik, aneh dan nyeleneh
Photo by Kristijan Arsov on Unsplash

Slang adalah ragam bahasa tidak resmi dan belum baku yang sifatnya musiman. Biasanya digunakan oleh kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi internal agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.

Slang diciptakan dari perubahan bentuk pesan linguistik tanpa mengubah isinya untuk penyembunyian atau kejenakaan. Slang merupakan transformasi sebagian dari suatu bahasa menurut pola-pola tertentu.

— wikipedia.org

Bahasa slang yang digunakanya pun bervariasi. Umumnya, yang paling sering muncul adalah singkatan unik yang berguna untuk memudahkan para pengguna social media dan instant messaging dalam menulis pesan, seperti misalnya:

1. FYI

FYI adalah singkatan dari For Your Information. FYI ini digunakan ketika kamu mau memberi tahukan suatu informasi yang mungkin orang lain belum tahu.

2. ICYMI

Singkatan dari ICYMI adalah In Case You Missed It. Singkatan dari ICYMI ini biasanya digunakan untuk memberi tahu orang lain mengenai suatu informasi yang sebelumnya sudah pernah disampaikan tetapi orang tersebut tidak mengetahuinya atau bisa jadi lupa.

3. ASAP

ASAP atau As Soon As Possible memiliki arti secepat mungkin (sebisanya).

4. IDK atau IDEK

IDK adalah singkatan dari I Don't Know.
Sedangkan IDEK adalah singkatan untuk I Don't Even Know.

Keduanya memiliki makna atas ketidahuan terhadap sesuatu hal atau pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

5. IMO atau IMHO

IMO merupakan singkatan dari In My Opinion dan IMHO adalah kependekan dari In My Humble Opinion. Kedua singkatan ini umumnya digunakan ketika kamu melontarkan sebuah opini atau pendapat.

Makna dari kedua singkatan tersebut adalah untuk menyampaikan suatu pendapat atau opini secara baik-baik tanpa merasa menjadi orang yang paling tahu.

6. TBH

TBH yang merupakan kependekan dari To Be Honest ini memiliki makna kejujuran atas pernyataan yang disampaikan.

7. ROTFL

Rolling On The Floor Laughing adalah kepanjangan dari ROTFL. Bagi kaum milenial, ROTFL ini sama istilahnya dengan ngakak guling-guling.

8. LMAO

Kepanjangan dari LMAO ini adalah Laughing My As* Off. Secara harfiah, kalimat ini bisa diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak, sama halnya dengan LOL ataupun ROTFL.

9. LOL

LOL atau Laugh Out Loud ini sangat umum ditemukan dan memiliki arti yang serupa dengan LMAO dan ROTFL yaitu, tertawa terbahak-bahak.

10. L8 dan W8

L8 merupakan singkatan dari Late yang memiliki makna sebagai bentuk dari ungkapan untuk mengakhiri suatu percakapan. Secara harfial, kata late ini bisa juga diartikan sebagai sekian, malam. Sedangkan untuk W8, kepanjangannya adalah Wait yang berarti tunggu.

11. SMH

SMH atau Shaking My Head secara harfiah artinya adalah geleng-geleng kepala. Digunakan untuk mengekspresikan sesuatu hal yang mengherankan.

12. GDPBBCGB

Nah kalau ini singkatan yang tidak banyak orang tahu dan bukan singkatan dari Bahasa Inggris. GDPBBCGB adalah kependekan dari Ganti DP Bisa, Bales Chat Gak Bisa.

Selain itu, ada juga sejumlah singkatan lucu yang mungkin bisa bikin kamu berpikir keras dan membacanya berulang-ulang agar dapat memahami arti dan maksud dari singkatan tersebut. Beberapa diantaranya bisa kamu lihat dalam tabel dibawah ini:

Singkatan aneh dan lucu di social media

SingkatanKepanjangan
E& A2HEdan Atuh
E& Q2Edan Kitu
Zoom @ andJumatan
a6 10anAsik Tenan
Kepin VieraKepingin Tapi Era
3GGagah, Ganteng, Gaul
Singkatan dari Twitter: @infowatir

Tidak hanya itu saja, adapun sejumlah singkatan-singkatan unik, aneh, lucu dan gokil lainnya yang berhasil kita kumpulin dari berbagai macam media sosial. Berikut diantaranya:

SingkatanKepanjangan
ABCDEFGAduh Bo Cape Deh Eike Fusing Gila
ADIDASAikiu (IQ) Dibawah Dasar
AIDSAkibat Impian Dipendam Setahun/Akibat Int*m Dengan Sesama
ANDI LAU Antara Dilema dan Galau
ATMAku Takkan Memiliki
ATM BIIAsal Tidak Mengand*ng Selingk*h Itu Indah
BAGIB*bu Gue Itu
BAH*NOLBadan Hebat Otak Nol
BBMBahan Bakar Mahal/Bingung Belum Masuk
BMTSBody Mantep Tampang Sadis
COCA COLACowok Cakep Cowok Idola
CLBKCinta Lama Belum Kelar/Cinta Lama Buang Kelaut
DAR*HDidad*ku Terurai Wajahmu
DEDI DORESDengan Disertai Doa Restu
DIADORADiam-diam Doyan Wari*
DIANADiam-diam Mempesona
FLUFeeling Lonely, Uuh
GAD*SGagah Dan Sadis
GALAUGelisah Antara Lanjut Atau Udahan/God Always Listening and Understanding
HONDAHobinya Nongkrongin J*nda
HTCHidup Tanpa Cinta

Itulah sejumlah singkatan-singkatan yang berhasil kita kumpulkan dalam artikel ini, mulai dari singkatan dalam Bahasa Inggris sampai dengan singkatan-singkatan aneh dan nyeleneh kreasi dari para netizen Indonesia.

Kalau kamu punya singkatan yang lebih aneh lagi dari ini, sok atuh tambahin di komentar biar seru. Share artikel ini dan ajak teman-teman kamu untuk membagikan singkatan-singkatan yang mereka miliki di sini.
Tambahkan Komentar