Lucu Lucuan Bahasa Sunda : Kata Bijak, Motivasi, Sindiran dan Pantun

December 09, 2015 /
Bray, bray! Bagi elu yang demen banget nongkrongin timeline twitter, pasti udah gak asing lagi dengan hashtag #ReboNyunda dimana elu akan menjumpai banyak sekali tweet yang menggunakan Basa Sunda (dibaca: Bahasa Sunda).

Entah itu tweet yang isinya lucu-lucuan atau candaan dalam bahasa Sunda, infografis mengenai suatu daerah dan budayanya, gambar lucu berbahasa Sunda, bahkan tak jarang sering juga ditemukan ada tweet campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda yang mungkin lucu bagi sebagian orang.

Dari tweet-tweet yang menggunakan hashtag #ReboNyunda tersebut, sebagian bahasa Sunda yang digunakan mungkin saja dianggap halus oleh sebagian orang, dan sebagiannya lagi ada yang dianggap kasar. Ini karena terdapat perbedaan dalam penggunaannya di beberapa daerah yang menggunakan bahasa Sunda.


Disamping itu, bagi sebagian orang dengan latar belakang sastra Sunda, tweet #ReboNyunda yang dijumpainya mungkin tidaklah sesuai dengan tata bahasa sunda yang baik dan benar.

Namun pada intinya, niat dan cara yang dipake untuk ngamumule (melestarikan) Bahasa Sunda itu menjadi lebih asik dan santai tanpa merasa dipaksa untuk berbicara dengan menggunakan Bahasa Sunda.

Semoga aja, untuk kedepanya, bahasa daerah (gak cuma Bahasa Sunda) semakin dilestarikan dan tidak hanya digunakan ketika disekolah saja di dalam pelajaran muatan lokal.

Buat gue pribadi, ketika berada di daerah lain dan kemudian ketemu dengan orang yang kebetulan ngerti dan bisa bahasa daerah gue (sunda) atau emang doi satu daerah dengan gue. Justru gue merasa ada di tanah sunda, bukan di tanah lain. *Iya jadi saya teh merasa kaya lagi di lembur ajah bray.

Terlepas dari anggapan yang berbeda-beda terkait cara penggunaan bahasa sunda yang dipake oleh orang-orang, entah itu baik ataupun buruknya, itu hak setiap orang. Disini gue cuma berusaha menampilkan sejumlah kalimat, ataupun percakapan dengan menggunakan bahasa sunda yang membuat gue nyengir-nyengir sendirian dan ketawa-ketawa kegelian.

Kata Kata Lucu Bahasa Sunda
Ilustrasi gambar lucu via pixabay.com

Karenanya, dengan dibuatnya thread ini, gue berharap elu sebagai pembaca yang budiman setidaknya bisa merasakan hal yang sama dengan apa yang gue rasakan ketika menggunakan bahasa daerah sendiri bahwasanya,

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah di daerah sendiri itu benar-benar menyenangkan! Apalagi kalo diminta ngajarin orang.

Berikut beberapa kalimat dan percakapan yang bertujuan untuk hiburan dan sekedar lucu lucuan yang menggunakan Bahasa Sunda :


1. Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda dan Motivasi Lucu 


  • Terkadang di dalam perjalanan yang mulus kita sering tijalikeuh, tapi kita tetap harus maju dan berlari sanajan bari ingked-ingkedan.
Arti dari sanajan bari ingked-ingkedan : meskipun sambil terpincang-pincang/ngesot
  • Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.
Artinya : Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.
  • Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga coklat.
Artinya : Terkadang kalau cinta udah melekat, taik kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.
  • Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy di inget inget nepi ka poho.
Artinya : Kenangan indah saat bersama dengan mu akan terus di ingat-ingat sampai lupa.
  • Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.
Artinya : Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.
  • Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.
Artinya : Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.
  • Jangan melempeum, tetep semangat! inget cicilan.
Artinya : Jangan cepat menyerah, tetap semangat! ingat cicilan.
  • Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.
Artinya : Sahabat adalah dia yang suka minjemin uang namun gak pernah mau dibayar.
  • Punya masalah itu harus sabar, dan sabar itu sesungguhnya ripuh.
Artinya : Ripuh adalah kondisi dimana kita udah merasa gak mampu; tapi mau gak mau harus terus dilakukan karena suatu tuntutan atau kewajiban.
  • Mulai sekarang, aku mau nambulan semen biar setrong.
Artinya : Mulai sekaran, aku mau ngemil semen biar kuat.
  • Mun aya jelema anu nyarekan atawa anu ngomongkeun maneh, komo deui ngomongkeun ditukangeun. Teu kudu dibales! Cukup ngaharewos ka manehna, "sia geus bosen hirup?"
Artinya : Kalo ada orang yang marahin elu, atau orang yang suka ngomongin elu, apalagi dari belakang. Gak usah dibales! Cukup bisikin aja ke telinga doi dan bilang, "lo udah bosen hidup?"
  • Mun aya lalaki pagaweana ngomongkeun batur ditukangeuna, pang wartoskeun enjing deui mah pami kaluar piwarang ngangge kutang sareng rok, atanapi daster.
Artinya : Kalo ada cowok yang kerjaannya ngomongin orang dari belakang, tolong bilangin sama doi, besok-besok mah kalo keluar rumah suruh pake kutang sama rok, atau daster.


2. Kata-Kata Lucu Bahasa Sunda Untuk Jomblo dan Pasangan


  • Hirup mah pilihan, tapi lamun jomblo mah uyuhan.
Arti kata :
Hirup = Hidup, Uyuhan = (terkesan) menjijikan
  • Mending lila ngajomblo tuluy kawin. Daripada lila bobogohan, tapi dikawin ku batur.
Artinya : Lebih baik lama ngejomblonya terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi di nikahin orang lain.
  • Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.
Artinya : Gue jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.
  • Bobogohan sama kamu mah bikin hate dan dompet aing tambah rujad.
Artinya : Pacaran sama kamu bikin hati dan dompet gue makin hancur.
  • Urang lain sieun ku pamajikan. Tapi urang sieun teu dibere, nanti aingnya bete.
Artinya : Gue bukanya takut sama istri. Tapi gue takut gak dikasih jatah, nanti gue nya bete.
  • Tadina ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we.
Artinya : Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka aja.
  • Moal mandi, tuh lauk oge tiap poe mandi malah hanyir.
Artinya : Gak akan mandi, noh ikan juga tiap hari mandi malah anyir.
  • Mun aya nu neangan urang, bejakeun : teangan we urang di google.
Artinya : Kalo ada yang nyariin gue, kasih tau : cari aja gue di google.
  • Cinta nu tulus bersih lir ibarat kaen sutra nu anyar di keueuman tujuh poe tujuh peuting. Sanajan ceuk batur bau, tapi ceuk nu resep mah, nu penting bersih tur enak ka tempona.
Artinya : Cinta yang tulus bersih itu ibarat kain sutra yang baru di rendem tujuh hari tujuh malam. Meskipun kata orang lain bau, tapi justru kata orang yang suka, yang penting bersih dan enak buat diliat.


3. Lucu Lucuan (Bobodoran) Bahasa Sunda


Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri hayandani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.

Kalo yang ini di artiin, lucunya bakalan ilang bray, sorry ya!

Urang Amerika mah lamun hitut teh ngobrol : "excuse me"
Urang Inggris lamun hitut teh ngobrol, "pardon me"
Mun urang Singapore, ngobrol, "Im sorry"
Tapi ari urang Indonesia mah ngobrolna teh, "lain abi!! lain abi!!"

Artinya :
Orang Amerika kalo kentut bilang : "excuse me"
Orang Inggris kalo kentut bilang : "pardon me"
Kalo orang Singapore mah bilang : "Im sorry"
Tapi kalo orang Indonesia yang kentut, bilangnya : bukan gue! bukan gue!

Tips jeung cara supados tetep awet ngora, nyaeta :
1. Loba nginum cai kalapa ngora.
2. Nginum jamu awet ngora.
3. Tuang daun ngora.
4. Gaduh istri ngora.

Artinya :
Tips dan cara agar tetap awet muda, yaitu :
1. Banyak minum air kelapa muda.
2. Minum jamu awet muda.
3. Makan (lalapan) daun muda.
4. Punya istri muda.

Tips neangan pamajikan :
Hayang pinter?
Teangan pamajikan guru.

Hayang sehat?
Teangan pamajikan dokter.

Hayang beunghar?
Teangan pamajikan pengusaha.

Hayang soleh?
Teangan pamajikan ustadzah.

Hayang gendut?
Teangan pamajikan koki.

Hayang salamet?
Teangan pamajikan polwan.

Hayang modar?
Teangan pamajikan batur!

Artinya :
Tips nyari istri :

Pengen pinter?
Cari istri guru.

Pengen sehat?
Cari istri dokter.

Pengen kaya?
Cari istri pengusaha.

Pengen soleh?
Cari istri ustadzah.

Pengen gendut?
Cari istri koki.

Pengen selamat?
Cari istri polwan.

Pengen mati?
Cari istri orang!

Pas ningali bayi, abdi inget "Teddy Bear Doll".
Pas abdi ningali budak alit, abdi janteun inget "Barbie Doll".
Pas abdi ningali kamu, ehh inget na "Panadol"

Artinya :
Pas liat bayi, gue inget "Teddy Bear Doll"
Pas gue liat anak kecil, gue jadi inget sama "Barbie Doll"
Pas gue liat elu, eh ingetnya "Panadol"

Abdi mah jalmi alim
Alim disebut goreng patut
Alim tuang sareng kurupuk hungkul
Alim teu disuguhan mun nganjang
Alim sangsara kawas maneh
Alim goreng patut kawas maneh

Kalo diartiin, gak dapet lagi lucunya dimana bray. Sorry ya!

Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru, "kunaon ai maneh kabeurangan?"
Bejakeun weh, "lalakon mah datangna pandeuri."

Artinya :
Kalo berangkat sekolah kesiangan terus ditanya sama guru, "kenapa datang kesiangan?"
Bilang aja, "dimana-mana jagoan mah datangnya belakangan."

Anu disebut jawara teh nyaeta anu pernah ngasaan dicabok ku pamajikan.

Artinya :
Yang disebut jagoan itu adalah dia yang pernah ngerasain gimana rasanya digampar sama istri.

Mun aya nanaon di bandung, bejakeun weh minantuna kang bahar kituh!

Artinya :
Kalo ada apa-apa di Bandung, bilang aja kalo lo itu menantunya Kang Bahar!

Rata-rata, kata nu awalana make NG... pasti ngeunah.
Contona : Ngopi, Ngorong, Ngalamun, Ngimpi endah, jeung sajabana.

Artinya :
Rata-rata, kata yang awalanya pake NG.. pasti enak.
Contohnya : Ngopi, Ngupil, Ngelamun, Ngimpi Indah, dll.


4. Pantun Lucu Bahasa Sunda


Aya listrik di masigit, caangna kamana mana
Aya istri jangkung alit, hanyakal geuning waria

Daun hiris dibeungkeutan, dibawa ka juru leuiit
Anu geulis ngadeukeutan hayangeun dibere duit

Pedah kuring kuralang kuriling
Ucing ge’ring ngahariring
Tengah peuting jemplang jempling
Kuring nyaring hayang ngising

Ku pedah urang babaturan sajati
Manéh gumbira kuring gumbira
Manéh hanjelu kuring milu hanjelu
Manéh seuri kuring seuri
Manéh ceurik kuring ogé ceurik
Manéh tikecebur kana got kuring seuseurian nepika ticeurik-ceurik

Ka Jampang mawa pakarang
Ajang pe’rang makalangan
Ka akang naha sale’mpang
Akang sayang ngan ka yayang

Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok
Tai cakcak ninggang huntu, laun-laun nya dilebok

Colenak enak dicocol, komo mun tambah kalapa
Beletak pitak ditakol, poho mun sirah mitoha, hampura abah teu dihaja !

Tai ucing di sangray.
Pararusing bray.


Geus ah leuseuh!
Sekian dulu postingan gue kali ini yang sedikit ngebahas tentang seru, rame, dan asiknya nya hashtag #ReboNyunda.

Pokok na mah, tiap yang waktu itu tea..
Hayu kita sama-sama lestarikan bahasa daerah kita masing-masing.

Suka dengan lucu-lucuan Bahasa Sunda ini?
Follow Instagram gue dong bray atuh ah! di @betegaksih
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

4 komentar

Write komentar
07 August, 2015

duh urang sunda juga ya haha

Reply
avatar
25 November, 2015

gambarnya greget pak, kalau boleh tau itu muka editan atau asli kayak gitu.. :D

Reply
avatar
16 December, 2015

Vangke. Kata katanya membuat saya sakit.

Reply
avatar