Benarkah Cara Optimasi Blog Itu Seperti Ini?

July 27, 2015 /
Tidak harus menjadi seorang pakar/ahli dalam SEO agar blog anda bisa tetap berada di halaman pencarian semisal Google, Bing, Yahoo! dan lain-lain. Anda cukup mengetahui terlebih dahulu hal-hal umum dalam melakukan optimasi sebuah blog.

Berikut ini sejumlah cara yang seringkali dilakukan dan dibahas oleh sejumlah blog tutorial dalam hal melakukan optimasi blog agar mudah terindex oleh mesin telusur seperti, Google, Bing, Yahoo! dan lain-lain.


1. Menentukan Kata Kunci (Keyword)


Kata kunci atau keyword adalah hal yang mutlak harus ada dalam sebuah tulisan. Dalam sebuah jurnal ilmiah sekalipun, kata kunci merupakan hal yang harus ada. Hal ini guna mempermudah para pembaca menelusuri informasi terkait judul tersebut.

Dengan demikian, diharapkan akan muncul karya-karya lain terkait kata kunci tersebut yang lebih baik dari itu, atau setidaknya melengkapi artikel tersebut. Itu lah kata kunci dalam sebuah jurnal ilmiah.

Sama halnya dengan kata kunci suatu artikel pada sebuah blog. Kata kunci digunakan untuk memudahkan para pengguna Internet menemukan informasi yang tersedia di dalam blog tersebut.

Misalnya, ketika saya ingin menulis artikel tentang cara melakukan optimasi blog, saya akan memilih kata kunci "Optimasi Blog". Dimana saya akan menggunakan kata kunci tersebut secara berulang, namun tidak berlebihan dengan menggunakan latent semantics agar terlihat lebih kreatif dan tentunya tidak tampak dibuat-buat.


2. Gunakan Keyword Dalam Judul Artikel


Misalnya saja ketika saya menggunakan keyword "Optimasi Blog", saya akan menyisipkan kata kunci tersebut didalam judul artikel saya dibarengi dengan phrase/kalimat lainya (agar memiliki kesan atraktif) untuk menarik minat atau setidaknya bisa memberikan rasa keingin tahuan para pembaca.


3. Gunakan Tag Heading (H2) Untuk Keyword


Cara Mudah Melakukan Optimasi Blog

Anda bisa memberikan tag heading untuk keyword yang anda sisipkan di dalam artikel yang anda buat seperti yang terlihat didalam gambar. Jangan terlalu berlebihan menggunakan tag heading ini. Disini saya hanya menggunakanya sekali saja, tanpa mengurangi estetika dalam penulisan.


4. Menyisipkan Keyword Kedalam Postingan


Hati-hati dalam menyisipkan kata kunci kedalam tulisan, jangan terlalu berlebihan. Tambahkan seperlunya saja, semisal dalam pengulangan, penekanan atau penegasan dalam sebuah paragraf. Jangan terkesan memaksa dengan membuat sebuah kalimat/paragraf yang khusus dibuat untuk menyisipkan kata kunci.

Terdapat presentase maximum dan minimum dalam penggunaan kata kunci dalam sebuah tulisan.
Penggunaan kata kunci yang baik memiliki tingkat kepadatan/kerapatan (density) antara 1.5% - 4.5% guna mendapatkan hasil penelusuran yang baik di mata search engine.

Kurang dari itu, tidak akan terlihat dampaknya, dan jika lebih dari itu, akan mendapatkan peringatan dari search engine, sehingga nantinya tulisan anda akan dianggap sebagai spam.


5. Membuat Postingan Dengan Minimum 300 Kata atau Lebih


Sebuah tulisan yang memiliki jumlah kata kurang dari 300 kata memiliki kesempatan yang kecil agar bisa tampil di halaman mesin pencarian, apalagi di halaman pertama hasil pencarian. Ini bukan lah hal yang sulit dilakukan jika anda benar-benar mengerti dan tahu betul akan topik yang anda tulis.

Seperti yang anda lihat, cara-cara diatas merupakan hal yang mudah untuk diterapkan. Lakukan lah ke-lima cara tersebut setiap kali anda membuat sebuah tulisan/artikel. Perlu digaris bawahi, cara tersebut tidak serta merta membuat blog anda selalu berada di urutan pertama hasil pencarian.

— Writers : Mahardika
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

3 komentar

Write komentar
25 September, 2015

Kalau menurut Saya sebuah artikel itu harus lengkap. Bukan panjang.
Soalnya, rugi juga baca panjang - panjang tapi masih ada yang kurang.

Lebih baik buat artikel yang lengkap walaupun harus lebih dari 2000 kata.


Itu prinsip ngeblog Saya :D

Reply
avatar
26 October, 2015

informatif banget.
bermanfaat buat blogger newbie kek aku :D
salam kenal ya,
bolehlah kunjungan baliknya kalau sempat :D

Reply
avatar
30 October, 2015

ainun? habiebie ini :D

Reply
avatar