Cara Menerapakan Notice Google Tentang Penggunaan Cookies di Blogger

July 28, 2015 /
Notice Penggunaan Cookie Blogger - Beberapa jam lalu, kebetulan gue iseng buka dashboard blog gue, terus nemu notice kaya gini :

Hukum Uni Eropa mengharuskan Anda untuk memberikan informasi kepada pengunjung Uni Eropa tentang cookie yang digunakan di blog. Dalam banyak kasus, undang-undang ini juga mengharuskan Anda untuk mendapatkan persetujuan pengunjung.

Sebagai bagian dari layanan, kami telah menambahkan pemberitahuan di blog Anda untuk menjelaskan penggunaan Google akan cookie Blogger dan Google tertentu, termasuk penggunaan cookie Google Analytics dan AdSense.

Anda bertanggung jawab untuk mengonfirmasi bahwa pemberitahuan ini benar-benar berfungsi di blog dan dapat ditampilkan. Jika Anda menggunakan cookie lainnya, misalnya dengan menambahkan fitur pihak ketiga, pemberitahuan ini mungkin tidak berfungsi. Pelajari lebih lanjut tentang pemberitahuan ini dan tanggung jawab Anda.

Awalnya sih gue cuekin aja bray, soalnya dari kalimat pertama juga disebutin bahwa,
"Hukum Uni Eropa mengharuskan Anda untuk memberikan informasi kepada pengunjung Uni Eropa tentang cookie yang digunakan di blog."

Udah jelas disebutin kan bray, kalo notice atau pemberitahuan tersebut dibuat untuk mengingatkan elu, sama gue, ya kita sesama blogger untuk memberitahukan pengunjung tentang penggunaan cookies.

Cookies atau disebut sebagai HTTP cookies, web cookies, atau browser cookies adalah data/informasi yang diciptakan oleh suatu website untuk disimpan di web browser ketika user sedang menjelajahi website tersebut.

Cookies yang telah disimpan pada browser bisa diambil untuk memberitahu website tentang aktivitas user pada waktu sebelumnya. Cookies diciptakan supaya website bisa mengetahui aktivitas yang telah dilakukan oleh user pada waktu sebelumnya.

Aktifitas ini mencakup, misal, mengklik suatu tombol, login, atau halaman apa saja yang telah dibuka oleh user pada hari, minggu, bulan, atau bahkan tahun lalu.
— wikipedia.org

Karena cookies bagi sebagian orang termasuk gue merupakan salah satu bentuk dari privasi seseorang, pastinya kudu dijaga sebaik mungkin dong bray. Jangan sampe disalah gunakan untuk hal-hal yang akan merigukan orang lain, entar kena sanksinya. Enaknya gak seberapa, tapi malu nya luar binasa.

Oh iya, dari apa yang gue baca sih bray,  disejumlah negara kaya UK, Jerman, Prancis, Walanda, Spanyol, ah pokoknya negara Uni Eropa deh bray. Penggunaan cookies itu emang diatur didalam hukum bray.

Buat elu yang emang niat dan bener-bener pengen mempelajari apa itu cookies dan hukum yang mengaturnya, coba elu main-main ke www.cookiechoices.org — Disana dijabarin semuanya bray, mulai dari regulasi, hukum, sampe pedoman penerapanya bray.

Nah buat gue pribadi yang cenderung cuek, gue sih santey-santey aja. Toh seperti yang gue bilang sebelumnya, itu kan hukum Uni Eropa buat situs yang punya pengunjung dari negara Uni Eropa. Lah blog gue aja kaga laku disono, kaga ada satupun pengunjung dari salah satu negara Uni Eropa ntu.

Tapi, berhubung dan mungkin ini juga termasuk salah satu syarat dan ketentuan nya si pemilik layanan gratis ini (blogger), maka gue memutuskan untuk memasang apa yang harus dipasang.
Nah loh? Apaan tuh?

Jadi cuma sekedar pemberitahuan doang bray di dalam blog kita kepada setiap pengunjung yang datang kalo situs kita itu menggunakan cookies untuk kepentingan dan kenyamanan pengunjung juga. Ngerti gak sih? gue agak puyeng ini jelasinya hahaha, pokoknya gitu lah bray.

Berhubung ini notice blogger bukan suatu masalah, jadi kaga ada cara buat mengatasi notice blogger tersebut bray. Yang ada itu cara untuk menerapkan notice tersebut kedalam situs blog kita bray! Gini cara nerapinya bray :

Privacy Policy dan Informasi Penggunaan Cookies
Jadi gini bray, pertama-tama blog elu kudu udah ada Privacy Policy nya. Dimana di sana juga disebutkan penggunaan cookies bray, dijabarin atu-atu. Soal beginian, udah banyak yang bahas, cari aja di google. Malah bejibun tools buat generate beginian, seinget gue ada caranya di blog mas sugeng bray.

Misal, elu make Google Analytics buat mantau perkembangan blog elu, nah kudu ada itu penjelasan tentang cookies yang digunakan ama Google Analytics. Selain itu mungkin Google Adsense kalo emang elu jadi publisher, ataupun produk pihak ketiga (third-party) yang elu pake.

Buat Pemberitahuan di Blog
Nah ini yang menariknya bray, seakan-akan blog elu, khususnya blog gue itu terkesan profesional bray hahah — aduh padahal bahasa acak adul gini, gak jelas ngomongin dan ngebahas apa ah elahhh.

Menerapkan Notice Google di Blogger Menggunakan Cookies Consent

Langkah 1. Tempat Membuat Cookies Consent
  • Buka link sitebeam.net/cookieconsent/ di tab baru browser elu.
  • Pilih Download now.
  • Nantinya, elu akan dihadapkan dengan 5 tahapan penerapan, tapi cuma 3 langkah yang perlu elu lakukan.
Langkah 2. Cara Membuat Cookies Consent
  • Pada pilihan nomor 1, yaitu pemilihan tema. Terdapat 6 pilihan tema dengan penempatan dan tema warna yang berbeda, tinggal sesuaikan dengan selera elu aja bray.
  • Kemudian, pada urutan nomor 2 ada Customize. Dimana elu bisa mengubah dan menyesuaikan pemberitahuan tersebut, tinggal klik tanda centang Customise the text, dan masukan apa yang ingin elu masukan seperti, headline text, accept button text, dan read more button text. Setelah itu, pada form Your Cookie Policy. Elu tinggal masukin deh link yang menuju halaman Privacy Policy elu, misal betegaksih.blogspot.com/p/privacy-policy.html
  • Kalo udah dipilih, tinggal lanjut alias Continue.
  • Abis itu, pilihan terakhir yaitu nomor 3, elu cuma disuruh buat pasang kode dibawah ini tepat sebelum </head> atau diantara <head> kode elu </head>
  • atau bisa juga sebelum </body>
Kodenya kurang lebih kaya gini bray :

<!-- Begin Cookie Consent plugin by Silktide - https://silktide.com/cookieconsent -->
<script type="text/javascript">
    window.cookieconsent_options = {"message":"This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website","dismiss":"Got it!","learnMore":"More info","link":"https://betegaksih.blogspot.com/p/privacy-policy.html","theme":"dark-floating"};
</script>

<script type="text/javascript" src="//s3.amazonaws.com/cc.silktide.com/cookieconsent.latest.min.js"></script>
<!-- End Cookie Consent plugin -->

Keterangan Berwarna :
Merah  — Pesan text yang akan disampaikan
Orange — Accept text
Kuning — Read More
Biru      — Link menuju halaman yang dituju (Privacy Policy/Cookies)
Pink      — Tema

Sekian bray, kalo masih bingung jangan bikin gue tambah bingung bray. Tanyain aja, kalo gue tau ya gue jawab kalo gue kaga tau yang maap bray. Yo bay!
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

8 komentar

Write komentar
09 August, 2015

Mantab thx infonya om (y)
mampir yak :D sanewbie21.blogspot.com

Reply
avatar
10 September, 2015

thank bray infonya,,,,,

Reply
avatar
14 September, 2015

Mantep gan sukses, kunjungi juga ya ID Harvest

Reply
avatar
16 September, 2015

Thanks Infonya ya :D
Mampir juga ya, mana tau lagi butuh XD enjoy4universal.blogspot.com

Reply
avatar
21 September, 2015

siap gan, trapi kok masih muncul keterangan cookie halaman diblogspotnya sob.

Reply
avatar
24 September, 2015

pemberitahuan emang gtu. kalo ganggu tinggal close aja, ada kan di pojok kanan atas kalo gak salah.

Reply
avatar
11 October, 2015

apa ada dampak buruk buat blog lokal (indo) kalo gak pasang beginian gan ?

Reply
avatar
14 October, 2015

selama blognya gak nargetin pengunjung dari negara tsb rasanya gak jadi masalah

Reply
avatar