5 Hal Ini Cuma Ada di Bulan Ramadhan!

June 02, 2016 /
Hal-Hal yang Cuma Ada di Bulan Ramadhan - Ngemeng-ngemeng soal bulan puasa bray, pastinya ada banyak hal yang bikin kita semua kangen sama bulan Ramadhan yang cuma ada setaun sekali ini, entah itu suasananya, euforianya, atau segala bentuk kebaikanya yang gak bisa gue sebutin satu-satu.

Berhubung ilmu gue masih cetek dan takut banyak salahnya ketimbang benernya, jadi gue gak akan ngebahas seputar kebaikan dari bulan Ramadhan ini bray. Disini gue cuma mau ngebahas seputar suasana, euforia, kegiatan dan keseruan yang cuma ada setaun sekali di bulan yang suci ini.


Keseruan dan Suasana Bulan Ramadhan yang Bakalan Bikin Kangen


Pasti elu semua pada tau lah bray apa aja, cuma mungkin ada beberapa diantaranya yang beda penamaanya dan tentunya keseruanya pun beda di tiap-tiap daerah. Ini die yang gue maksud bray :


1. Ngabuburit


Ngabuburit di Gedung Sate, Bandung
Ngabuburit di Gedung Sate, Bandung. (Image Courtesy of Tempo.co)

Gue kagak tau di daerah elu "ngabuburit" ini disebutnya apa, yang jelas setau gue ini mah bahasa gue atuh bray, Sunda. Tapi, maaf-maaf aja bray kalo ada salah-salah, soalnya gue sendiri juga gak terlalu pinter berbahasa Sunda yang baik dan benar hehe~

Ngabuburit itu dari kata burit yang kalo dalam bahasa Indonesia itu artinya sore. Jadi kalo ngabuburit itu bahasa Indonesia nya adalah "pasosore" hahaha~

Tau dah bray apa lah pokoknya itu deh, kegiatan yang elu lakuin dimanapun itu di waktu sore hari sambil nungguin suara bedug dan adzan magrib.

Kalo gue pribadi sih bray, ngabuburit ya paling apa sih, pergi keluar juga males soalnya jalanan rame bener, gak motor, gak mobil, gak sepeda, apalagi yang pada jalan kaki. Beuhh pusing gue bray liat orang bejibun kaya gitu.

Sayangnya bray, kebanyakan orang sekarang itu ngabuburitnya gitu bray. Gak enak diliat gitu loh bray sama ganggu ketenangan orang lain termasuk gue. Masa iya sore-sore ngabisin space jalan cuma buat ajang balapan motor yang kagak jelas perizinan nya.

Duh emak bapaknya dirumah mah lagi pada ngapain itu bray, nungguin mereka pulang kerumah dengan utuh buat berbuka, malah pulang tinggal nama doang ah elahhh kesian bray.

Gue mah kesian sama emak dan bapaknya yang bela-belain beli motor, kalo ama anaknya mah gue sih kagak kesian sama sekali bray.

Kalo di daerah elu gimana aja bray suasana ngabuburitnya? pasti beda dong bray, kalo sama berarti kita satu daerah bray.


2. Petasan dan Kembang Api


Nah ini bray yang bikin rame sekaligus berisik dan ganggu orang yang jantungan. Ampir tiap hari gue sering banget denger suara petasan, dari mulai pagi, siang, sore ampe malem hari ada aja yang mainin petasan bray.

Tapi, petasan ama kembang api ini sebenernya emang gak cuma ada pas bulan Ramadhan aja sih bray. Hari-hari besar atau hari raya lainya pun suka ada, iya gak?

Bedanya, kalo bulan Ramadhan, ini suara petasan ama kembang api ampir tiap hari kedengeran suaranya dari pagi ampe malem hari disepanjang bulan Ramadhan.

Nah, kalo hari besar atau hari raya lainya. Paling lama suara petasan atau kembang api ini kedengarannya antara satu atau dua hari lamanya dan itupun biasanya cuma ada di malem hari.

Kalo gue sih cuek-cuek aja bray, gak tau kalo orang lain mah gimana nanggepinnya. Terus kalo di daerah elu gimana bray suasana dan tanggepanya?


3. Bedil Lodong (Lodong)


Bedil Lodong
Bedil Lodong

Aduh ini apa ya namanya kalo di daerah elu bray?
Kalo menurut KBBI sih bray, ini lodong asalnya dari bahasa Jawa yang artinya tabung bambu besar. Ini sih termasuk jenis permainan tradisional di daerah gue bray, lebih tepatnya di kampung halaman gue.

Kalo dari pemaparan gue ye bray soal lodong yang atu ini, jadi lodong itu kalo di artikan ke dalam bahasa Indonesia itu kaya gini bray ; bedil ( Basa Sunda ) itu artinya senapan ( Bahasa Indonesia ) dan lodong itu deskripsinya adalah bilah bambu yang terdapat lobang di salah satu sisinya.

Jadi, bedil lodong itu bahasa Indonesia nya adalah senapan atau meriam bambu bray. Ah pokoknya gitu deh bray, ngerti gak ngerti pokoknya itu lah, elu cukup tau aja kalo elu emang gak pernah megang apalagi mainin ini lodong haha~

Disebut senapan, atau lebih tepatnya meriam karena emang bentuknya kurang lebih mirip-mirip ama meriam bray. Suaranya pun berdentum gitu bray, keras gila bray sampe menggema dan memekakan telinga orang yang berdiri tepat di depan lobangnya haha~


4. Mesjid Mendadak Penuh


Ini emang realita di daerah gue begini bray, mungkin akan sangat jauh berbeda di daerah elu masing-masing. Disini kalo hari biasa dan bukan bulan puasa, mana ada anak muda yang mau pergi ke mesjid buat shalat berjamaah termasuk gue hehe~

Palingan kalo hari biasa orangnya atau lebih tepatnya bapak-bapak sama kakek-kakeknya yaaa itu-itu aja bray, gak pernah ganti dan jarang berkurang jumlahnya, asli!

Justru kalo masuk bulan puasa kaya sekarang ini bray, mesjid dimari mendadak penuh bray, ampe tumpeh-tumpeh saking banyaknya jamaah yang mau shalat berjamaah di mesjid. Malah sampe ada yang gak kebagian tempat dan shalat di halaman mesjid saking padatnya.

Ngomong-ngomong, di daerah elu gitu juga gak bray? Jujur aja deh bray gak usah sok.


5. Tempat Makan pada Tutup, tapi Pintunya Kebuka Dikit 


Ah ini mah udah rahasia umum bray, dimari juga ada lah beberapa yang dari luar mah keliatan tutup padahal tiap beberapa jam ada aja orang yang keluar masuk ke rumah makan atau warung makan.

Kalo masalah ini, gue sih gak mau bahas panjang lebar, gak mau ngurusin atau ngomentarin. Tiap orang punya cara, gaya dan kepercayaan nya masing-masing terhadap apa yang di anutnya.

Ya yang jelas sih alesanya kenapa gue gak mau bahas panjang lebar karena gue sendiri aja masih perlu di komentarin dan di urusin, dan gak mau sok-sokan ngurusin dan ngomentarin orang lain walaupun kadang masih suka tapi tetep pilih-pilih haha~ pokoknya untuk mu agama mu, dan untuk ku agamaku.

Apalagi ya, perasaan tadi sebelum gue tulis dimari ada banyak deh bray. Kok mendadak lupa lagi ya ah elahhh. Entar gue inget-inget lagi deh bray, abis itu gue tambahin lagi dimari. Tapi kalo elu berbaik hati mau nambahin juga boleh-boleh aja bray, tambahin aja di komentar ya.

Yo bay! Selamat menjalankan Ibadah Puasa.
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

9 komentar

Write komentar
14 July, 2015

udah lama nggak main ke sini, tampilan udah ganti lagi. hehe...
okay, menanggapi tulisan ente, ane akan sedikit berkomentar. (lebih tepatnya curhat).
sebelumnya mari kita ucapkan alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan ramadhan tahun ini yang abis ini akan berakhir. #sedih
tapi ramadhan ane tahun ini nggak seasik tahun kemarin.
masalah buber nih bray. mungkin ini bisa manjadi tambahan di tulisan ente.
Tawaran buber tahun ini nggak serame tahun kemaren. buber tahun ini cuma bareng temen2 kuliah dan temen2 kos doang. temen2 SD, SMP, SMA pada ngilang semua. mungkin pada sibuk skripsi, KKN, cari jodoh atau yang lainnya. tapi tak apalah, disyukuri saja.
segini dulu lah curhatan ane, maaf kalau kepanjangan. hehe

Reply
avatar
21 July, 2015

hihi, yang warung buka tutup itu nyemen ya bray :D
gue kangen suasana ngabuburit dan mesjid penuh..

Reply
avatar
21 July, 2015

mesjid penuhnya cuma di awal awal aj bro, di pertengahan sama seperti hari hari biasa diisi sama orang orang tua anak mudanya pacaran aj kerjaanya #Fakta

Reply
avatar
25 July, 2015

biasa bray, kan musim lebaran. serba baru dong haha
aduh gue lupa bray, bukber juga seru itu pada masanya. ya masa-masa sekolah ama kuliah serunya. kalo udah pada kerja mah bray, rata-rata pada byk alesan buat ga ikutan bukber. apalagi yg baru aja lulus dan belum pada dapet kerjaan. rata2 males dan banyaknya malu krn belum bisa nunjukin sesuatu yg bisa dibanggakan. krn nantinya, yg namanya bukber sekaligus reuni itu jadi ajang naikin gengsi bray. itu sih yg ane rasain skg ini haha

Reply
avatar
25 July, 2015

haha bau-baunya pernah ke warung nih, hapal banget dah
ah disini mah bray, banyak remaja labil, orang lain ngabuburit nunggu buka. mereka ngabuburit malah berbuka di jalan. urat malunya udah putus, etika sama moralnya pada di gadein buat modif motor.

Reply
avatar
25 July, 2015

kiamat sudah dekaaaaaaaat bray

Reply
avatar
26 July, 2015

ngena pisan tuh bray masjid kosong wkwkwk

Reply
avatar
09 August, 2015

agak lucu juga ya ceritanya hehe

Reply
avatar