7 Fitur Terbaru Windows 10, Cortana Virtual Assistant s/d Microsoft Edge

July 29, 2015 /
Fitur Menarik yang Dimiliki Windows 10
Windows 10

Windows 10 memang familiar, namun berbeda dari Windows versi sebelumnya. Versi terbaru dari sistem operasi PC yang dimiliki Microsoft ini kembali menggunakan tampilan desktop tradisional dengan menu start serta sejumlah fitur menarik lainya seperti, voice-controlled Cortana virtual assistant, notification center, dll.

Apa itu Cortana?
Secara bahasa, voice-controlled Cortana virtual assistant merupakan asisten virtual yang dikendalikan oleh suara. Teknologi yang serupa yang digunakan oleh Apple yaitu, Siri, asisten cerdas yang terdapat pada perangkat Apple keluaran terbaru.

1. Start Menu Digunakan Kembali


Tampilan start menu Windows 10
Start Menu Windows 10

Meskipun digunakan kembali, tapi tampilanya cukup berbeda dari tampilan start menu biasanya. Kurang lebih, seperti gabungan antara start menu dari Windows 7 dan Windows 8. Selain itu, ukuran dari antarmuka start menu nya pun bisa Anda rubah sesuai selera Anda dengan cara mengklik dan menyeret ujungnya.

2. Universal Windows Apps "Metro-nya" Windows 10


Tampilan universal apps Windows 10
Tampilan universal apps Windows 10

Windows 8 memperkenalkan sekaligus menambahkan aplikasi jenis barunya yang pernah disebut "Metro" aplikasi. Dengan aplikasi ini, Anda bisa men-download dan menginstal apapun yang Anda sukai yang terdapat didalam Windows Store.

3. Dilengkapi Opsi Untuk Mengubah Mode dari Desktop ke Tablet


Tampilan opsi untuk mengubah ke mode tablet
Opsi untuk beralih ke mode tablet

Secara default, tampilan Windows di laptop atau PC Anda akan tampak seperti gambar diatas sebelumnya. Namun, jika Anda merasa bosan dengan tampilan desktop seperti itu, Anda bisa mencoba merubah tampilanya ke mode/modus tablet.

Ketika modus tablet diaktifkan, Windows 10 akan tampil dengan layar penuh (full screen) dengan menggunakan antarmuka yang terdapat pada Windows 8-style. Namun, bagi Anda pengguna tablet, fitur ini secara otomatis akan diaktifkan.

Jadi, bagi Anda yang memiliki laptop/tablet hybrid seperti Microsoft Surface Pro series yang bisa memasang atau melepaskan keyboard, Anda akan dialihkan ke mode desktop ketika laptop/tablet Anda tersebut sedang mengenakan keyboard dan akan dialihkan ke mode tablet apabila keyboard tersebut dilepaskan.

4. Cortana


Tampilan Fitur Cortana
Tampilan fitur Cortana

Microsoft's voice-activated Cortana assistan - fitur yang satu ini menempati urutan pertama Windows 10. Terletak di taskbar sebelah kanan tombol Start, Cortana dilengkapi fitur pencarian dengan menggunakan suara dan fitur menarik lainya.

Selain dari melakukan pencarian sederhana dengan menggunakan suara, Cortana juga bisa menuliskan Anda sebuah email dengan cara di dikte, bisa juga sebagai pengingat (reminder), dan flight-tracking.

5. Tampilan Action Center dan Notifikasi


Tampilan Action Center dan Notifikasi

Pada Windows 8, ketika Anda menggeserkan kursor dari kanan desktop Anda atau memindahkan kursor ke sudut tertentu dari desktop Anda akan menampilkan sejumlah menu seperti pilihan untuk mematikan/shutdown komputer. Namun dalam Windows 10, yang akan muncul adalah Action Center, Notifikasi, dan sejumlah pengaturan seperti yang terlihat didalam gambar.


6. Tampilan Task View Anyar dan Bisa Multiple Desktop


Tampilan Task View Anyar dan Bisa Multiple Desktop

Untuk menampilkan fitur ini, Anda cukup menekan tombol Windows + Tab secara bersamaan. Tidak hanya mempermudah dalam berpindah aplikasi, fitur anyar yang satu ini pun bisa membuka lebih dari 1 desktop sama halnya dengan Mac dan Linux PC.

7. Internet Explore diganti oleh Microsoft Edge


Internet Explore diganti oleh Microsoft Edge

Setelah sekian lama Internet Explorer menghiasi taskbar, start menu dan juga desktop, akhirnya aplikasi peramban internet tersebut digantikan oleh Microsoft Edge yang diklaim lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome, salah satu browser yang terkenal karena kecepatan dan performanya.

Tapi, keberadaan Internet Explorer masih ada didalam Windows 10. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pengguna menavigasi situs-situs lama yang tidak support dengan Microsoft Edge.

That's it!
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

2 komentar

Write komentar
08 August, 2015

Keren sekali gan sangat bermanfaat

Reply
avatar
14 October, 2015

Ane udah pakai sejak dari tanggal rilis gan, memang bener2 elegan dan ringan.

cara optimalkan windows 10

Reply
avatar