70% Orang Mengaku Suka Menggunakan Smartphone Saat Mengemudi

November 07, 2015 /
Smartphone dan Pengemudi — Tiap hari yang namanya jalan raya pasti selalu rame. Gak cuma rame sama kendaraan bermotor, tapi rame juga sama para pejalan kaki, khususnya di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak pengguna jalan, khususnya pengendara kendaraan bermotor baik yang beroda dua maupun empat atau lebih. Masih banyak pengendara yang kurang memiliki kesadaran akan kesalamatan dalam berkendara.

Sebenernya hal ini pernah gue singgung sebelumnya dalam postingan yang membahas tentang beberapa kelakuan pengendara bermotor di jalan raya. Postingan tersebut gue buat berdasarkan pengalaman dan pengamatan gue setiap hari selama berkendara di jalan raya.

Baru-baru ini, gue sering kali liat orang kalo lagi make motor atau mobil itu sambil mainin smartphone, entah itu bales chat, SMS, dan bahkan sambil nelpon.

Menggunakan Smartphone Saat Mengemudi


Menggunakan Smartphone Saat Mengemudi
Image via flickr.com

Kadang mereka gak sadar ketika berkendara sambil mainin handphone itu menganggu juga sekaligus membahayakan pengendara lain yang ada di depan dan di belakangnya.

Seperti apa yang gue alamin baru-baru ini, gue lagi santai make motor. Tiba-tiba ada motor lain yang nyalip terus melanin laju kendaraanya tepat di depan gue.

Saat itu juga, pengendara tersebut ngeluarin handphone dari saku celananya. Doi cuek aja nyetir motor sambil tangan yang satunya ngoprek handphone (entah sms atau apa, gue juga gak tau).


Entah doi keasikan atau konsentrasi nya kebagi, motor doi mulai nengah dengan laju yang pelan.

Gue yang dibelakang doi mau nyalip pun agak susah soalnya doi ngalang. Gue klaksonin, doi agak minggirin lajunya tapi beberapa saat kemudian begitu gue udah mau nyalip malah ketengah lagi.

Sama halnya kaya pengendara mobil, kadang gue suka merhatiin lewat kaca spionya. Doi asik aja nyetir sambil nelpon tanpa mengurangi kecepatan laju kendaraanya.

Gue tau lah, gue ngerti. Itu pengendara udah mahir, tapi semahir-mahirnya orang berkendara, yang namanya celaka mah selalu ada bray.

Rata-rata kecelakan yang terjadi di Indonesia itu kebanyakan akibat dari kelalaian para pengemudi kendaraan itu sendiri. Salah satunya menggunakan handphone ketika berkendara.

Ini gue gak asal ngomong loh ya, dua minggu kemaren, gue pergi ke kota A dan sorenya pulang ke rumah di kota B. Seperti biasa, gue berpergian selalu pake motor. Jalan yang gue lalui pun gak ribet bray, jalananya lurus terus, jarang dan malah sedikit banget ada belokan. Pokoknya kalo dipake buat ngebut mah asoy geboy dah.

Tapi, jalan yang lurus itu gak semulus yang elu bayangin bray. Sepanjang jalan tersebut, tiap beberapa ratus meter selalu ada lobangnya bray. Lobangnya pun cukup dalem bray, cocok buat ternak ikan lele mah - haha~

Itu lobang gak kecil, tapi gak gede juga apalagi lebar. Kalo dari kejauhan, gak keliatan kalo di depan itu ada lobang, keliatanya mah kaya bekas tambalan. Makanya banyak terjadi kecelakan dimari bray.

Soalnya banyak pengendara, terutama motor yang doyan banget ngebut dijalan ini tanpa tau kalo dijalan tersebut banyak lobang yang gak keliatan.

Rata-rata yang kecelakan dimari itu alesanya cuma atu bray, menghindari lobang!

Lu bayangin aja, lagi enak-enaknya ngebut dijalanan yang lurus tanpa ada hambatan yang berarti, tiba-tiba di depan elu ada lobang yang kalo dilindes, bisa mengakibatkan motor elu rusak pada bagian roda dan kalo kurang keseimbangan elu bisa jatoh nyungsruk disitu.

Kebanyakan yang celaka ketika menghindari lobang itu karena tabrakan sama kendaraan yang ada didepannya yang sama-sama ngebut juga.

Atau keserempet dan ketabrak sama kendaraan yang ada dibelakangnya yang berdekatan dan sama-sama ngebut juga. Kadang ada juga yang kaget karena ada lobang didepan terus ngerem mendadak dan ditabrak sama kendaraan yang ada dibelakangnya.

Nah, dua minggu yang lalu, kejadian ini gue saksikan dengan mata kepala gue sendiri bray. Sebelumnya depan gue itu ada pengendara motor.

Lajunya agak cepet bray, tiba-tiba ada mobil yang nyalip dari belakang gue. Gue ngalah kan, dan posisi mobil tersebut berada di belakang motor yang tadinya ada di depan gue.

Gue perhatiin, ini pengendara mobil songong juga nyetirnya. Ngerem ngebut ngerem ngebut gitu bray tanpa ngasih jalan sama yang ada dibelakangnya buat nyalip.

Pas gue perhatiin baek-baek lewat kaca, samar-samar keliatan itu pengendara mobil, nyetirnya sambil nelpon ah elahhh.

Gak lama kemudian, terjadilah tabrakan bray antara mobil tersebut sama motor yang ada didepanya. Alesanya sih kaget soalnya motor yang ada didepan mobil tersebut ngerem mendadak. Si pengendara motor juga kaget karena didepanya ada lobang.

Amsyong dah tuh mobil baru masih bening-beningnya gak ada lecet setitik pun harus kegores - turut prihatin aja gue mah ah~

Dari sana lah gue tarik kesimpulan kalo ternyata, masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan keselamatan dirinya sendiri dan orang lain. Salah satunya ya itu tadi, masih banyak pengemudi yang seneng mainin handphonenya saat berkendara.

Hal ini senada (ceileh senada -haha~) dengan studi terbaru yang dilakukan oleh salah satu operator ternama di Amerika Serikat, yaitu AT&T. Hasil temuan tersebut sangat mengejutkan sekali bray.

Dalam hasil studi tersebut, disebutkan bahwa, sebanyak 70% orang masih menggunakan smartphone mereka saat berkendara.

61% Pengemudi Mobil Menggunakan Smartphone
Image via imgarcade.com

Gak cuma itu aja bray, penelitian yang dilakukan AT&T tersebut pun melihat lebih dalam lagi terkait penggunaan smartphone ketika sedang berkendara. Sebenernya apa yang pengendara lakukan dengan smartphonenya ketika sedang berkendara? Inilah jawabanya bray :

  • 61% pengemudi mobil menggunakan smartphone untuk mengetik SMS dan mengirim email.
  • 27% pengemudi membuka Facebook dan mengecek update terbaru di timelinenya.
  • 14% pengemudi membuka Twitter, Snapchat dan Instagram ketika berkendara.

Selain itu, 17% responden mengatakan bahwa mereka kerap kali mengambil fotoselfie saat mengemudi. Sementara 10%-nya mengatakan pernah melakukan video chat dengan teman mereka saat mengemudi. Update status dimane-mane bray! ah elahhh.

Itu baru penelitian di negara lain bray, entah kalo di kita, Indonesia bijimane rupa, hasil dan kesimpulanya. Tapi, kayanya mirip-mirip deh bray.

Oleh karena itu, di beberapa negara bagian di Amerika sana. Sudah diberlakukan undang-undang terkait penggunaan smartphone ini bray. Intinya, undang-undang tersebut melarang penggunaan smartphone saat berkendara.

Jadi, kalo elu ketauan make smartphone pas lagi berkendara, bukan cuma kena tilang doang bray, tapi elu bisa dipenjara juga bray ah elahhh.

Indonesia kapan nih?
Kalo udah ada, bagus dong. Bisa kali share dimari.

Walaupun aturan diberlakukan, tetep aja bray yang namanya lalai mah selalu ada dan jadi bagian dari pribadi manusia.

Iya gak?
Ada ataupun tidaknya aturan, itu semua kembali ke pribadi masing-masing.

Kalo elu merasa punya nyawa cadangan, ya suka-suka elu aja bray.
Tapi.. kalo elu merasa punya nyawa atu dan satu-satunya serta masih sayang sama nyawa elu soalnya ada keluarga yang nunggu dirumah. Lebih baik mikir dua kali deh sebelum elu coba-coba megang smartphone pas lagi mengemudi.
Yo bay!
Previous
Next Post »

Mau dapetin update-an terbaru untuk setiap artikel dan tulisan menarik dari blog Bete Gak Sih?

Subscribe aja bray!

10 komentar

Write komentar
21 May, 2015

wah, termasuk saya nih

Reply
avatar
23 May, 2015

ane pernah nyobain dan hampir mau nabrak orang untuk waktu itu ane ngejalaninnya pelan, dan seteleh itu ane kapok haha

Reply
avatar
28 May, 2015

jangan dong, entar aku gimana

Reply
avatar
28 May, 2015

coba mana sim dan stnk

Reply
avatar
Febriyan Lukito
28 May, 2015

Itulah. Memang menyedihkan tapi inilah yang sebenarnya terjadi di jalanan. Kadang pengen sambit yang seperti itu pakai handphone. Tapi sayang euy handphone ane.

Reply
avatar
28 May, 2015

makanya angka kecelakaan semakin tinggi, sudah dilarang masih dilakukan

Reply
avatar
29 May, 2015

kalo yang disambit pake handphone nya kebetulan begal kan berabe juga bray haha

Reply
avatar
29 May, 2015

mungkin terlalu menganggap hal ini sepele

Reply
avatar
08 June, 2015

kecelakaan ya selain ngantuk ya gara gara menggunakan handphone saat berkendara

Reply
avatar